3 Alasan Anak Muda Harus Memiliki Asuransi

3 Alasan Anak Muda Harus Memiliki Asuransi

Untuk apa punya asuransi? Itu pertanyaan yang masih sering didengar ketika ditanya soal pentingnya asuransi. Tujuan memiliki asuransi adalah untuk mengatasi permasalahan menyangkut pengeluaran banyak biaya yang bisa menyebabkan masalah finansial pribadi dan keluarga.

Memiliki asuransi tidak dibatasi oleh usia. Siapapun bisa memiliki asuransi karena risiko yang ada dalam kehidupan tidak mengenal usia. Namun pada kenyataannya, masih banyak orang yang enggan untuk memiliki asuransi karena dianggap membuat uang saja.

Ada beragam jenis asuransi yang sangat dibutuhkan oleh anak muda. Misalnya asuransi kesehatan untuk memudahkan mendapatkan perawatan saat jatuh sakit dan membuat Anda tidak perlu merogoh kocek untuk biaya rumah sakit.

Baca juga: Mau Ambil Asuransi, Kenali Dulu Istilah-istilah dalam Asuransi

Ada asuransi penyakit kritis yang melindungi Anda dari berbagai penyakit kritis. Lalu, ada asuransi penyakit khusus wanita usia produktif yang rentan terserang penyakit kritis. Nah, agar tidak memandang asuransi dengan sebelah mata, berikut ini beberapa alasan-alasan yang membuat anak muda butuh memiliki asuransi

1. Melindungi Kesehatan dan Jiwa

Usia produktif identik dengan aktivitas yang padat seperti untuk bekerja. Sayangnya, aktivitas yang padat tidak dibarengi dengan usaha untuk menjaga diri agar tetap sehat. Alhasil, anak muda rentan kelelahan dan sakit yang berimbas ke pengeluaran untuk biaya berobat serta rumah sakit. Dengan perlindungan asuransi, Anda jadi tidak perlu memusingkan soal biaya berobat.

2. Membantu Mengatur Keuangan 

Dengan memiliki asuransi, Anda akan terbiasa menyisihkan uang untuk membayar biaya premi setiap bulan untuk mengantisipasi kerugian yang dapat terjadi kapanpun di masa depan. Jadi, sudah tidak ada lagi cerita soal tabungan selama bertahun-tahun habis seketika karena harus bayar biaya rumah sakit.

Baca juga: 5 Jenis Perusahaan Asuransi di Indonesia, Apa Saja?

3. Memproteksi Finansial

Gaya hidup tidak sehat, seperti merokok, mengonsumsi makanan serba instan, dan malas berolahraga sepertinya sudah sangat lekat sekali dengan anak muda. Maka tidak heran penyakit seperti kanker, jantung, maupun stroke terus mengalami peningkatan. Biaya untuk mengobati beragam penyakit itu tidak murah. Bila tidak ada perlindungan asuransi kesehatan, keuangan Anda sudah pasti terganggu.

Sekali lagi, banyak pertimbangan dalam membeli asuransi bagi milenial. Salah satunya adalah usia. Semakin cepat membeli asuransi, semakin banyak manfaat yang didapatkan. Ingat, Anda mungkin tidak bisa memprediksi masa depan. Namun, Anda bisa mempersiapkan diri untuk segala hal di masa mendatang.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Feb. 16, 2021, 10:13 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.