Dapat Angpau Saat Imlek Akan Digunakan untuk Apa?

Dapat Angpau Saat Imlek Akan Digunakan untuk Apa?

Angpau sangat identik dengan tahun baru Imlek. Angpau adalah bingkisan dalam amplop merah yang biasanya berisikan sejumlah uang sebagai hadiah menyambut tahun baru Imlek atau perayaan lainnya. Angpau melambangkan kegembiraan dan semangat yang akan membawa nasib baik.

Menerima banyak angpau memang menggembirakan. Namun, jika tidak bijak mengaturnya maka uang angpau bisa habis dalam waktu yang cepat. Jadi apa yang harus dilakukan dengan uang angpau tersebut?

Branding and Communication Strategist MiPOWER by Sequis Ivan Christian Winatha, M.M., RFP® mengatakan agar melihat angpau bukan sebagai dana untuk dihambur-hamburkan, tetapi dana tambahan atau bonus yang dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan saat ini atau sebagai dana cadangan untuk kebutuhan masa depan.

Baca juga: Berapa Uang Angpau yang Harus Disiapkan Saat Tahun Baru Imlek

Jika memang harus digunakan, maka pastikan dipakai untuk pengeluaran yang penting. Caranya dengan mengetahui pengeluaran apa yang harus segera dibayar atau kebutuhan apa yang harus segera dipenuhi dengan memanfaatkan uang angpau.

Dengan begitu, bulan depan akan ada kesempatan lebih banyak untuk menabung karena sebagian pengeluaran sudah dibayar lunas. Namun, jika tidak ada pengeluaran mendesak yang harus dilunasi maka uang angpau sebaiknya jangan digunakan. Jadikan uang angpau tersebut sebagai dana investasi.

Prinsip Pareto


Ivan juga menyarankan mempraktekkan prinsip Pareto, yaitu 80:20. Artinya, 80 persen dari dana yang dimiliki untuk biaya hidup saat ini dan 20 persen untuk tabungan masa depan. Prinsip ini sangat baik untuk diterapkan karena dapat melatih hidup hemat, tidak boros, dan mempersiapkan masa depan.

Cara paling mudah untuk mulai berbenah keuangan agar dapat mempraktekkan prinsip Pareto adalah menilik kembali kebiasaan dalam melakukan pengeluaran. Lalu pertimbangkan apakah pengeluaran itu bisa ditunda, dibatalkan, atau dikurangi?

Ivan mncontohkan, apakah langganan mendengar musik online adalah keinginan atau kebutuhan. Apakah biayanya bisa dihemat. Anda juga bisa berbagi akun langganan dengan teman sehingga bisa menekan pengeluaran Anda misalnya.

Baca juga: Belajar Mengatur Duit ala Ibu-ibu Zaman Dahulu

“Menyempatkan waktu untuk belajar cara menggunakan uang akan membantu kita lepas dari jerat utang, membantu kita tidak terikat pada utang, dan semakin bijak mengelola keuangan. Jika pengeluaran Anda banyak maka gunakan skala prioritas. Dengan demikian, Anda pun jadi tahu mana yang benar merupakan kebutuhan dan mana yang hanya keinginan,“ terang Ivan. 

Selain menabung dan berinvestasi, pendapatan dan dana tambahan juga dapat digunakan untuk membeli asuransi jiwa atau asuransi kesehatan terlebih dahulu agar Anda bisa melindungi kondisi finansial jika terjadi risiko tak terduga seperti sakit atau membutuhkan rawat inap.

Dengan berasuransi Anda tidak akan kesulitan menyediakan uang dalam jumlah besar dalam waktu singkat karena biaya perawatan rumah sakit akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sesuai perjanjian polis. Asuransi juga bermanfaat untuk mempersiapkan dana masa depan. Misalnya, untuk dana menikah, melahirkan, atau liburan. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Feb. 11, 2021, 8:24 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.