Serupa tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Tabungan dan Deposito

Serupa tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Tabungan dan Deposito

Tabungan maupun deposito merupakan produk yang ditawarkan oleh bank. Meski pun fungsinya hampir serupa, tetapi ada perbedaan yang mendasar antara keduanya. Tabungan adalah simpanan uang yang bisa diambil sewaktu-waktu. Di sisi lain, deposito merupakan salah satu produk investasi yang hanya bisa diambil setelah jangka waktu tertentu.

Namun, ketika ada pertanyaan apa perbedaan antara tabungan dan deposito? Banyak masyarakat yang belum paham perbedaan keduanya. Untuk lebih memahaminya, berikut ini lima pebedaan antara tabungan dan deposito.

1. Kemudahan Mengambil Uang

Tabungan

Sistem tabungan sendiri bisa diambil kapan saja kamu memerlukannya. Tabungan juga memiliki batasan minimal dana yang harus dimasukkan bila ingin membuka rekening.

Deposito

Uang yang ada di deposito hanya bisa diambil setelah jatuh tempo. Masa jatuh tempo deposito yang berlaku di setiap bank berbeda-beda, ada yang 3 bulan, 6 bulan,12 bulan, atau 24 bulan.

Baca juga: Generasi Milenial Lebih Hati-hati dengan Tabungan dan Pengeluaran

2. Tempat Mengambil Uang

Tabungan

Mengambil uang tabungan bisa dilakukan di bank atau ATM yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Bahkan, sekarang mengambil uang pun bisa dilakukan di beberapa minimarket.

Deposito

Untuk mengambil uang deposito tidak bisa dilakukan di mana saja. Anda harus mengambilnya di bank di mana Anda mendaftarkan deposito tersebut.


3. Suku Bunga dan Biaya Administrasi

Tabungan

Suku bunga tabungan biasanya hanya berkisar di angka 0,5 persen hingga 3 persen. Untuk biaya administrasi tabungan dikenakan setiap bulan dan setiap bank punya kebijakan yang berbeda.

Deposito

Bunga deposito bisa mencapai 4 persen hingga 7 persen per tahunnya. Sedangkan, untuk biaya administrasi deposito sudah dikurangi dari bunga yang diperoleh.

Baca juga: Begini Cara Sederhana Menghitung Keuntungan Deposito

4. Bilyet dan Buku Tabungan

Tabungan

Bila Anda membuka rekening tabungan, pasti akan memperoleh kartu ATM dan buku tabungan. Anda pun bisa menggunakan uang yang ada dalam rekening untuk berbagai pembayaran.

Deposito

Kalau membuka deposito Anda akan memperoleh tanda bukti kepemilikan dalam bentuk selembar kertas yang dinamakan bilyet deposito. Dalam bilyet deposito biasanya mengenai nominal uang yang didepositokan, tanggal jatuh tempo, nama pemilik deposito, dan lainnya.

5. Tujuan Menyimpan Uang

Tabungan

Sebaiknya digunakan untuk dana keperluan sehari-hari dan mendesak.

Deposito

Deposito bisa menjadi dana tujuan jangka panjang seperti dana pendidikan atau dana pensiun bisa lebih baik dimasukkan dalam produk deposito.

Sudah paham bukan? Terpenting adalah kedua produk pebankan ini aman karena dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Dengan adanya tabungan atau deposito sama-sama memberikan manfaat bagi keuanganmu.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Feb. 5, 2021, 10:15 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.