Apa Saja Manfaat dan Jenis Asuransi Persalinan?

Apa Saja Manfaat dan Jenis Asuransi Persalinan?

Pasca menikah, pasti setiap pasangan sangat ingin memiliki anak. Saat melahirkan tentu akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika proses kelahiran melalui operasi caesar. Oleh karena itu, persiapan finansial menuju kelahiran anak juga harus dipersiapkan. Salah satu caranya dengan memiliki asuransi persalinan.

Harus diakui, masih banyak pasangan yang belum memahami manfaat dari asuransi persalinan. Pasalnya masih banyak pasangan yang mengandalkan tabungan. Walaupun tertarik, tentu masih bingung dengan pilihan jenis asuransi persalinan yang diperlukan.

Baca juga: Setiap Perempuan Modern Wajib Punya Asuransi

Manfaat Asuransi Persalinan

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan apabila memiliki asuransi persalinan. Berikut di antaranya:

1. Meringankan Biaya

Asuransi ini tidak akan menutup biaya melahirkan saja. Ada beberapa jenis asuransi melahirkan yang juga dapat meng-cover biaya sebelum proses persalinan, seperti cek kandungan. Nah, jangan lupa untuk selalu memastikan manfaat yang didapatkan dari asuransi yang akan Anda pilih.

2. Menyediakan Fasilitas yang Memadai

Asuransi persalinan biasanya akan menyediakan berbagai fasilitas memadai untuk menunjang proses persalinan yang ditentukan berdasarkan kelas persalinan yang dipilih oleh nasabahnya. Untuk mendapatkan fasilitas terbaik, maka kelas yang dipilih juga harus tinggi.

Hal ini juga bergantung pada premi yang dibayarkan setiap bulannya. Sebaiknya, cek dahulu fasilitas sesuai kebutuhan dan sesuaikan dengan keadaan keuangan agar tidak memberatkan. Dengan begitu tidak akan membebani keuangan keluarga ke depannya.


Jenis Asuransi Persalinan

Jenis asuransi persalinan atau kehamilan juga punya jenis yang bisa dipilih. Berikut di antaranya:

1. Asuransi Jiwa Unit Link

Walaupun namanya asuransi jiwa, jenis asuransi jiwa unit link ini bisa memberikan jaminan perlindungan terhadap ibu dan calon buah hati selama masa kehamilan. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan antara lain biaya komplikasi melahirkan, kelainan atau cacat, biaya pertanggungan sebelum dan sesudah melahirkan, perawatan inkubator, serta kemungkinan meninggal dunia.

Baca juga: Mudahnya Mengurus Kepesertaan BPJS Kesehatan untuk Bayi Baru Lahir

2. Asuransi BPJS Kesehatan

Produk asuransi BPJS Kesehatan ini memang termasuk salah satu yang paling terjangkau jika dibandingkan dengan asuransi jiwa unit link. Hal ini tidak dilihat dari jumlah premi yang harus dibayarkan per-bulannya saja, tapi juga dari kemudahan dalam pengajuannya.

Itulah penjelasan mengenai manfaat dan jenis asuransi persalinan yang bisa dijadikan pemahaman awal  bagi Anda dalam rencana memiliki momongan. Apabila Anda sudah memiliki asuransi persalinan, bayarlah premi tepat waktu agar tidak masalah saat digunakan.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Feb. 5, 2021, 10:10 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.