digibank by DBS dan Flip.id Permudah Layanan Transaksi Keuangan

digibank by DBS dan Flip.id Permudah Layanan Transaksi Keuangan

Di masa pandemi dan era digital seperti sekarang ini, metode pembayaran digital atau yang biasa disebut cashless hingga transaksi keuangan lainnya makin sering dilakukan oleh banyak masyarakat Indonesia. Dengan metode seperti ini, masyarakat tidak perlu lagi memegang uang tunai saat melakukan transaksi yang dapat menjadi salah satu celah penyebaran virus corona.

Selain dampak dari pandemi COVID-19, pemerintah sudah sejak lama mengarahkan masyarakat untuk melakukan transaksi non-tunai. Melalui Peraturan Bank Indonesia (PBI No. 11/12/PBI/2009) tentang uang elektronik pada tahun 2009, pemerintah mencanangkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) oleh Bank Indonesia pada tahun 2014.

digibank by DBS dan Flip.id melihat masyarakat secara perlahan mulai beralih dari transkasi tunai ke non-tunai. Hambatan utama dalam perkembangan cashless society yakni minimnya tingkat literasi keuangan masyarakat dan pengetahuan mengenai sistematika keuangan non-tunai.

Baca juga: Perbankan di Era Digital, Pilihan atau Kebutuhan?

Oleh karena itu, digibank by DBS dan Flip.id berharap dapat memberikan edukasi kepada masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan digital serta memberikan kemudahan, kelancaran, dan keamanan dalam setiap transaksi.

Saat ini, digibank by DBS berupaya memberikan beragam kemudahan dalam mengelola dan mengembangkan keuangan dalam satu aplikasi dengan serangkaian pilihan produk investasi mulai dari deposito, obligasi pasar perdana, dan pasar sekunder yang juga dilengkapi dengan fitur transaksi untuk keperluan sehari-hari.


Contohnya, transfer uang dan tarik tunai bebas biaya, pembayaran tagihan bulanan, top up e-wallet seperti GOPAY, OVO dan e-money juga pembelian e-voucher seperti token listrik, pulsa dan lainnya hanya melalui satu klik dengan proses yang 100 persen digital from end-to-end.

“Tidak hanya menggratiskan biaya transfer antarbank, dengan kapabilitas digital yang kami miliki, nasabah digibank by DBS dapat melakukan berbagai transaksi keuangan bahkan hingga berinvestasi hanya melalui satu aplikasi,” kata Managing Director, Head of Digital Banking PT Bank DBS Indonesia Leonardo Koesmanto.

Baca juga: Gandeng Bank DBS Indonesia, Flip.id Permudah Transaksi Keuangan Perbankan

Sementara itu, CEO Flip.id Rafi Putra Arriyan melihat, peningkatan kebutuhan masyarakat untuk melakukan transaksi kirim uang secara online, yang sebelumnya lebih banyak didominasi oleh penggunaan ATM.

Selain itu, pandemi juga membuat banyak orang memperketat pengeluaran mereka, sehingga layanan transfer antarbank gratis yang ditawarkan oleh Flip.id bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi pengeluaran. Hal ini terlihat dari jumlah pengguna Flip.id yang semakin meningkat di era pandemi.

Flip.id juga hadir untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan transfer uang antar bank secara online dan bebas biaya ke digibank by DBS dan bank lainnya. Dengan aplikasi Flip.id, nasabah digibank by DBS bisa menempatkan dana dengan proses mentransfer dari salah satu bank sumber dana. Kemudian memindahkan dananya ke rekening digibank by DBS secara real-time dan bebas biaya transfer.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Feb. 3, 2021, 9:31 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.