Begini Cara Memulai dan Mendaftar Bisnis Franchise

Begini Cara Memulai dan Mendaftar Bisnis Franchise

Tidak mudah untuk memulai bisnis atau usaha. Apalagi jika kamu belum berpengalaman berbisnis. Jika itu yang dirasakan, tidak ada salahnya melirik sistem bisnis franchise. Sistem ini terbilang minim risiko karena hanya dengan membeli lisensi, bisnis sudah bisa langsung jalan.

Franchise atau waralaba merupakan cara berbisnis untuk memperoleh hak terhadap merek dagang, produk yang sama dari bisnis yang sudah ada, dan bahan baku untuk memasarkan produk tersebut dengan menerapkan kesepakatan dan memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan dari owner bisnis tersebut.

Perjanjian dengan pemilik franchise biasanya memuat berbagai informasi seperti hal-hal teknis dan royalty fee yang wajib diberikan penerima kepada pemberi franchise. Selain itu, perhatikan juga pengurusan izin franchise.

Baca juga: 4 Keuntungan Memulai Bisnis dengan Sistem Franchise

Cara Memulai Franchise


Nah, jika tertarik memulai bisnis dengan sisitem franchise, maka ada beberapa panduan yang harus dipahami. Berikut ini panduan mengenai cara memulai franchise.

1. Cari tahu apa saja kesempatan franchise yang ada di sekitar Anda dan siapa saja pesaing yang perlu dilewati di dalamnya.

2. Analisis proses perhitungan keuntungan franchise dan kesepakatan yang ditawarkan oleh waralaba.

Baca juga: ShopeePay Talk Bagikan Kiat Sukses Lewat Bisnis Franchise

3. Cari tahu apa saja yang akan Anda peroleh dari penyedia franchise. Hal ini berguna untuk mengetahui apa saja yang perlu Anda tambahkan sendiri untuk menjalankan franchise tersebut.

4. Ketahuilah jumlah modal yang diperlukan untuk melakukan kerjasama franchise yang diinginkan.

5. Pastikan untuk memilih lokasi terbaik dan sesuai dengan franchise yang akan dilakukan.

Cara Daftar Franchise  


Berdasarkan dari Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 77 Tahun 2018, untuk daftar franchise, setiap orang perlu mengurus perizinan perdagangan yang dilakukan dengan mengakses sistem online single submission (OSS). Berikut ini cara daftar franchise dengan mengakses laman website https://oss.go.id/oss/.

1. Isi informasi yang diperlukan pada menu daftar.

2. Cek email yang sudah Anda daftarkan untuk validasi akun dan user ID serta password untuk melakukan proses log-in.

Baca juga: Jakarta PSBB Ketat, Ada Peluang Bisnis Baru dalam Pameran Virtual

3. Memperoleh NIB (Nomor Induk Berusaha).

4. Penerbitan Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW) dari komitmen STPW akan ditindaklanjuti oleh Pelaku Distribusi Kementerian Perdagangan dan Direktorat Bina Usaha atas permohonan STPW.

5. Memenuhi persyaratan komitmen. Untuk pemberi waralaba, yaitu mempunyai prospektus penawaran waralaba dan mempunyai prospektus penawaran waralaba. Sedangkan untuk penerima waralaba adalah mempunyai perjanjian waralaba dan prospektus penawaran waralaba dan mempunyai perjanjian waralaba.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Jan. 29, 2021, 7:16 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.