Cerita 3 Pemenang di Ajang Kompetisi Wirausaha DSC XI 2020

Cerita 3 Pemenang di Ajang Kompetisi Wirausaha DSC XI 2020

Program Diplomat Success Challenge (DSC) 2020 yang diinisiasi oleh Wismilak Foundation, sudah memasuki babak akhir untuk memutuskan pemenang dalam ajang kompetisi kewirausahaan. Lewat penjurian yang ketat, akhirnya terpilih tiga womenpreneur itu sebagai pemenang dalam Diplomat Success Challenge XI ini.

Sebagai peraih penghargaan utama sebagai Best of the Best Challenger DSC XI terpilih Arlin Chondro dengan bisnisnya Peek.Me Naturals. Dua penemang lainnya adalah Lidya Angelina Rinaldi dengan bisnis La Dame in Vanilla dan Anisa Azizah dengan bisnis inovasi beton berpori bernama Tech Prom Lab.

Ketiganya berhak atas hibah modal usaha dengan nilai terbesar, yaitu Rp300 juta untuk masing-masing pemenang. Sebagai Best of the Best Challenger, Arlin Chondro pun berhak mendapat hadiah apresiasi tambahan senilai Rp50 juta.

Baca juga: Akses Pembiayaan Program Dana Hibah untuk Wirausaha Sosial

Profil Pemenang Diplomat Success Challenge XI

1. Arlin Chondro

Lewat bisnisnya Peek.Me Naturals, Arlin terpilih sebagai Best of the Best Challenger DSC XI. Peek.Me Naturals. Peek.Me Naturals merupakan bisnis yang dirintis pada 2016 sebagai bentuk terapi alternatif (aromaterapi) dengan memanfaatkan khasiat essential oils.

Arlin menceritakan, bisnis yang dibangunnya ini terkesan sangat personal. Bisnis ini dirintis dari gelisahannya sebagai seorang ibu yang ingin mencari alternatif produk yang aman dan alami untuk anaknya yang mengidap alergi dan asma.

“Peek.Me Naturals merupakan bisnis yang personal bagi saya, karena dirintis berdasarkan kegelisahan saya sebagai ibu muda yang masih banyak belajar dan ingin memberikan yang terbaik bagi buah hati,” cerita Arlin.

Baca juga: Social Enterprise Akan Memperkaya Entrepreneurship

Dengan terpilih sebagai Best of the Best Challenger DSC XI, Arlin berniat dana hibah modal usaha akan dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis. “Jangka pendek pembelian perlengkapan di produksi dan syarat BPOM. Produk market sudah bagus, tetapi marketing dan sales harus ditingkatkan untuk memperluas penjualan,” tambahnya saat Press Conference Final Diplomat Success Challenge XI, Selasa (26/1/2021).


2. Lidya Angelina Rinaldi

Bagi Lidya Angelina Rinaldi, La Dame in Vanilla merupakan cerminan passion diri dalam membuat kue dengan bahan vanilla. Indonesia, sebagai salah satu negara penghasil vanilla terbesar di dunia, punya potensi yang sangat besar untuk dikembangkan.

Namun sayangnya, tidak banyak masyarakat yang tahu. Melalui La Dame in Vanilla, dirinya ingin membawa vanilla Indonesia lebih dikenal di dunia,” ungkap Lidya. Terpilihnya Lidya sebagai pemenang Diplomat Success Challenge XI ini diharapkan mampu mendorong perkembangan usahanya. “Nantinya, hibah modal usaha yang kami dapat akan digunakan untuk membeli fasilitas mesin agar produksi vanilla kami dapat berlipat ganda demi memenuhi kebutuhan pasar.

Baca juga: 5 Kunci Menjadi Wirausaha Sosial Sukses

3. Anisa Azizah

Sebagai Co-founder & CEO dari Tech Prom Lab, Anisa Azizah mengatakan, DSC dapat membuka kesempatan yang lebih luas bagi bisnis yang baru dirintis seperti bisnisnya. Terlebih seperti usaha Tech Prom Lab yang baru dirintis pada 2018.

“Tech Prom Lab merupakan startup yang berfokus pada inovasi material bangunan. Kami baru berdiri sejak tahun 2018, sehingga untuk dapat bersaing di gelaran DSC XI merupakan pengalaman yang cukup menantang,” ucapnya.

Dia berharap Ilmu serta hibah modal usaha yang saya dapatkan dari DSC XI pastinya akan berperan besar untuk perkembangan Tech Prom Lab ke depannya. “Dengan dana hibah, kami akan melakukan peningkatan kualitas produk. Ke depannya, kami ingin memperluas pemasaran kepada segmen tertentu yang mungkin niche market tetapi bisa merefer ke lingkungan yang lebih luas,” ucap Azizah.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Jan. 26, 2021, 10:54 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.