10 Keuntungan Investasi ORI019

10 Keuntungan Investasi ORI019

Pemerintah kembali menawarkan Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI019 kepada masyarakat Indonesia dengan seri ORI019 sebagai alternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau dan menguntungkan. Seri ORI019 yang diterbitkan oleh pemerintah dan penjualannya dilakukan secara online melalui e-SBN.

Obligasi Negara Ritel seri ORI019 merupakan salah satu instrumen Surat Berharga Negara (SBN) yang ditawarkan kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia (WNI) melalui 26 Mitra Distribusi di pasar perdana.

Baca juga: Berbeda dari ORI018, ORI019 Tawarkan Kupon 5,57 Persen

Nah, bagi Anda yang baru ingin menjadi investor Obligasi Negara Ritel (ORI) termasuk seri ORI019, perlu kiranya mengetahui apa saja keuntungan dari investasi ini. Dilansir dari laman resmi Kementerian Keuangan (kemenkeu), berikut 10 keuntungan berinvestasi di ORI019:

1. Kupon dan pokok dijamin oleh undang-undang.

2. Kupon dengan tingkat bunga tetap sampai pada waktu jatuh tempo.

3. Dapat diperdagangkan di pasar sekunder (antar-investor domestik).

4. Berpotensi memperoleh capital gain.

5. Dapat diperdagangkan di organized OTC melalui electronic trading platform (ETP).

6. Kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN

7. Kupon dibayar setiap bulan.

8. Tersedianya kuotasi harga beli (bid price) dari mitra distribusi atau pihak lain yang bekerja sama dengan mitra distribusi.

9. Dapat dipinjamkan atau dijaminkan kepada pihak lain (sesuai dengan kebijakan di masing-masing mitra distribusi).

10. Masyarakat turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

Baca juga: Catat! Ini Jadwal Penerbitan Tujuh SBN Ritel 2021

Berinvestasi pada instrumen SBN ritel seperti ORI019 semakin mudah dengan adanya e-SBN. Melalui e-SBN, Anda dapat melakukan pembelian ORI019 di mana saja dan kapan saja secara online selama masa penawaran.

Melalui investasi ORI019, pemerintah mengajak Warga Negara Indonesia untuk terlibat dalam program pemulihan ekonomi dan pembangunan nasional dan bersama-sama menjaga masa depan Indonesia pasca-pandemi COVID-19.

Seluruh dana yang diperoleh dari hasil penerbitan ORI019 akan dimanfaatkan untuk pembiayaan APBN 2021, termasuk pembiayaan dalam rangka upaya penanganan dan pemulihan dampak pandemi COVID-19.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Jan. 26, 2021, 8:18 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.