Kenapa Mahasiswa Harus Punya Kemampuan Pengelolaan Keuangan?

Kenapa Mahasiswa Harus Punya Kemampuan Pengelolaan Keuangan?

Memang benar bahwa tugas pokok mahasiswa adalah mencari ilmu sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya agar nanti ilmu yang didapat bisa bermanfaat di masa depan. Namun, sebagai mahasiswa pun juga perlu memiliki kemampuan pengelolaan keuangan.

Di masa mahasiswa, banyak waktu yang bisa digunakan untuk bereksperimen dan bereksplorasi dalam pengelolaan keuangan. Hal itu diungkapkan Lead Financial Trainer QM Financial Ligwina Hananto dalam acara talkshow virtual bertajuk Financial Planning ala Mahasiswa yang digelar BNI Syariah (20/1/2021).

Lebih lanjut, ketika belum banyak kebutuhan hidup, menjadi momen yang tepat untuk mempelajari berbagai hal tentang keuangan. Mahasiswa pun dapat mengeksplorasi kegiatan entrepreneurship, investasi, dan segala sesuatu tentang keuangan lainnya.

Baca juga: Cerdas Mengatur Keuangan untuk Mahasiswa

Masa mahasiswa sebaiknya dimanfaatkan untuk belajar, bisnis dan entrepreneurship. Sebelum melakukan investasi dan bisnis, Ligwina menyarankan mahasiswa memastikan bahwa kondisi keuangan sehat.

Mahasiswa pun diharapkan dapat mengatur daftar kebutuhan dan keinginan masing-masing. Selain itu, mahasiswa juga perlu memahami perbedaan antara kebutuhan dan keinginan agar pengeluaran bisa terkontrol. “Mahasiswa sebaiknya mengalokasikan sebanyak empat kali pengeluaran bulanan untuk keperluan dana darurat,” jelas Ligwina.

Di masa pandemi COVID-19 ini, mahasiswa juga harus adaptif dengan kemajuan teknologi digital. Bukan hanya akses konsumsi secara digital, pengelolaan keuangan digital pun harus dipelajari. Hal itu untuk menciptakan kondisi keuangan yang sehat. “Kalau tidak memahami akan terganggu,” terang Ligwina.

Baca juga: Catat! Ini Jadwal Penerbitan Tujuh SBN Ritel 2021

Pada kesempatan yang sama, Head of Financing Card Business BNI Syariah Rima Dwi Permatasari mengatakan ada banyak platform yang bisa digunakan oleh mahasiswa untuk belajar mengelola keuangan. Salah satunya adalah kartu pembiayaan BNI iB Hasanah Card.

Kartu pembiayaan BNI iB Hasanah Card ini bisa digunakan sebagai salah satu solusi dana darurat mahasiswa dan pembayaran tagihan yang sifatnya rutin. “BNI iB Hasanah Card hadir sebagai solusi dan pilihan umat untuk transaksi pembayaran sesuai syariah,” ucapnya.

BNI iB Hasanah Card memiliki beberapa keunggulan di antaranya adalah kartu ini tidak dapat digunakan untuk transaksi di merchant non-halal, tidak ada denda keterlambatan; tidak ada biaya over limit; dan pengenaan biaya yang sudah jelas di depan, yaitu monthly fee sehingga biaya yang dikenakan ke nasabah sudah dapat diketahui di depan.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Jan. 22, 2021, 8:41 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.