Lapor SPT Tahunan Sudah Bisa Mulai Januari 2021

Lapor SPT Tahunan Sudah Bisa Mulai Januari 2021

Setiap tahun, tepatnya di bulan Maret, seluruh wajib pajak disibukkan dengan pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT). Meski batas waktu pelaporan SPT Tahunan masih cukup lama, ternyata wajib pajak sudah bisa melakukan pelaporan SPT Tahunan 2020 mulai 1 Januari 2021.

Pelaporan SPT Tahunan dapat dilakukan secara online melalui aplikasi DJP Online sehingga tidak perlu lagi datang ke kantor pajak. Terlebih di saat pandemi COVID-19 yang masih belum menunjukkan angka penurunan, pelaporan STP Tahunan secara online sangat dianjurkan untuk meminalisiasi interaksi dan menghindari antrean.

Baca juga: Mengenal 3 Jenis Formulir SPT Tahunan PPh Orang Pribadi

Pelaporan SPT Tahunan

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk pelaporan SPT Tahunan Anda, yaitu Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) di Kantor Pelayanan Pajak (KPP), pos atau ekspedisi, Aplication Service Provider (ASP), dan aplikasi DJP Online.

Beberapa dokumen yang harus disiapkan untuk pelaporan SPT Tahunan ini antara lain NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), EFIN (Electronic Filing Identification Number), dan akun DJP Online. Bagi yang belum memiliki EFIN, Anda bisa datang ke KPP terdekat untuk mendapatkan kode EFIN tersebut.

Electronic Filing Identication Number (EFIN) adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak kepada Wajib Pajak yang melakukan transaksi elektronik dengan DJP. Dalam hal ini untuk melakukan registrasi pada DJP Online.

Baca juga: Ini Batas Minimum Gaji yang Terkena Pajak

Lupa Kode EFIN

Bagaimana kalau lupa kode EFIN? Anda bisa memilih beberapa solusi sebagai berikut:

1. Cek inbox email anda, search “EFIN”.

2.  Telepon ke Kring Pajak 1500200, siapkan nomor NPWP dan konfirmasikan data diri Anda.

3.  Datang ke KPP terdekat untuk meminta cetak ulang EFIN, tunjukkan fotokopi KTP dan NPWP.

4.  Kunjungi website www.pajak.go.id/djp-buka-layanan-lupa-EFIN-pembuatan-kode-billing-dan-kode-verifikasi-twitter-dan-live-chat. Anda bisa melakukan chatting dengan cara klik logo “Chat Pajak”. Jangan lupa siapkan data pendukung berupa nama lengkap, NPWP, alamat terdaftar saat registrasi EFIN, alamat email dan ponsel yang digunakan saat mendaftar EFIN, dan tahun pajak SPT terakhir.

5. Jika Anda memiliki akun Twitter, mention akun Twitter Ditjen Pajak dengan alamat @kring_pajak. Siapkan data pendukung sebagaimana pada angka 4.

Baca juga: Punya NPWP tapi tidak Bayar Pajak, Apa Sanksinya?

Cara Pelaporan SPT Tahunan

Setelah Anda mendapatkan EFIN, daftarkan akun efiling Anda pada laman www.djponline.pajak.go.id dengan memasukkan nomor EFIN tersebut. Setelah berhasil, silahkan login dengan password yang Anda buat pada saat pendaftaran akun.

Sebelum mengisi eSPT, perlu anda ketahui bahwa terdapat tiga jenis formulir untuk melaporkan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi. Formulir tersebut adalah Formulir 1770, Formulir 1770 S, dan Formulir 1770 SS.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Jan. 14, 2021, 8:38 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.