3 Cara Mudah Cek Pajak Kendaraan dari Rumah

3 Cara Mudah Cek Pajak Kendaraan dari Rumah

Ingin cek pajak kendaraan, tapi khawatir tertular COVID-19? Tidak perlu khawatir, dengan adanya kemajuan teknologi, transaksi online membawa banyak manfaat bagi kehidupan. Kondisi pandemi COVID-19 mengharuskan banyak orang untuk membatasi aktivitas di luar rumah.

Jika hanya untuk sekadar mengecek pajak kendaraan, tidak perlu ke luar rumah. Sekarang serba mudah, karena Anda bisa cek pajak kendaraan secara online. Bagaimana caranya? Ini tiga cara mudah cek pajak kendaraan dari rumah.

Baca juga: Begini Cara Membayar Pajak Motor di Aplikasi LinkAja

Cek Pajak Kendaraan Online dengan USSD

Cara cek pajak kendaran yang pertama adalah dengan menggunakan metode USSD. Berikut cara melakukan pengecekannya:

1. Tekan *368# (pastikan nomor yang digunakan adalah nomor yang terdaftar di Samsat kotamu).

2. Pilih menu Ditlantas Polri dengan pilihan 1. Polda Metro Jaya dan Polda kota asal, jika Anda berada di Jakarta maka pilih Polda Metro Jaya.

3. Jika Anda sudah punya Polda pilihan, maka bakal muncul pilihan Info Ranmor, Info Pajak Ranmor (kendaraan Bermotor), Pajak Reminder, dan Info Simling.

4. Pilih menu Pajak Ranmor.

5. Terakhir, masukkan nomor kendaraan tanpa spasi, contohnya B1234CD, nanti akan ada jawaban dari Polda Metro Jaya yang memberikan informasi besarnya pajak yang harus dibayarkan.


Cek Pajak Kendaraan Online dengan SMS

Berikutnya, Anda juga bisa menggunakan layanan SMS untuk mengecek pajak kendaraan bermotor. Namun, layanan ini baru bisa dilakukan di beberapa daerah tertentu, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, dan Yogyakarta. Selain itu, untuk layanan ini Anda akan dikenakan biaya SMS Rp1.000 per pesan. Berikut caranya:

1. Jawa Barat: Kirim SMS ke Dispenda Jabar (0811 211 9211) dengan format: Info (spasi )nomor polisi kendaraan (spasi) warna plat kendaraan.

2. Jawa Tengah: Kirim SMS ke nomor 9600 dengan format: JATENG (spasi) nomor polisi kendaraan.

3. DKI Jakarta: SMS ke 1717 dengan format: Metro (spasi) nomor polisi kendaraan.

4. Jawa Timur: SMS ke 7070 dengan format: JATIM (spasi) nomor polisi kendaraan.

5. Yogyakarta: SMS ke 9600 dengan format: DIY (spasi) nomor polisi kendaraan.

Baca juga: Bingung Pilih Mobil Baru atau Bekas? Pertimbangkan 5 Hal Ini

Cek Pajak Kendaraan Online dengan Aplikasi

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengecek pajak kendaraan bermotor adalah dengan menggunakan aplikasi. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store. Setelah aplikasi terpasang di ponselmu, ada beberapa tahap tata cara yang harus Anda lakukan.

Pertama, Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan mengisi kolom untuk nomor KTP, nomor rangka lima digit terakhir, nomor ponsel, serta alamat email. Setelah itu, lengkapi Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) yang ada pada plat nomor kendaraan.

Ada beberapa kolom yang harus Anda isi sesuai dengan yang diminta. Misalnya kolom pertama untuk kode wilayah B, kolom kedua untuk angka 1234, dan kolom ketiga untuk seri XY, jadi B 1234 XY. Selanjutnya, tekan tombol lanjutkan agar data segera diproses.

Bagaimana mudah bukan? Anda bisa memilik salah satu dari tiga cara cek pajak kendaraan online yang bisa Anda lakukan. Sambil duduk santai, Anda sudah bisa mendapat informasi kapan pajak kendaraan Anda harus dibayar. Selamat mencoba!


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Jan. 12, 2021, 8:35 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.