6 Cara Mendapatkan Passive Income di 2021

6 Cara Mendapatkan Passive Income di 2021

Tidak ada salahnya jika Anda memiliki penghasilan pasif atau passive income terlebih di masa pandemi COVID-19. Passive income merupakan pendapatan yang diperoleh tanpa melibatkan peran aktif seseorang di dalam kegiatan tersebut.

Dengan kata lain Anda bisa mendapatkan pemasukan saat sedang tidak aktif bekerja. Namun, untuk mendapatkan passive income Anda harus melakukan sesuatu dengan menyisihkan tenaga dan waktu terlebih dulu.

Baca juga: [Infografis] Daftar UMP 2021 di 34 Provinsi Indonesia

Tidak hanya membutuhkan waktu dan tenaga, kadang Anda membutuhkan kesabaran dan konsistensi untuk mendapatkan passive income. Berikut ini enam cara mudah mendapatkan passive income di 2021.

1. Mendapat Royalti dari Karya

Anda bisa mendapatkan royalti dari karya yang Anda buat seperti buku, lagu, film, atau bidang kreatif lainnya. Uang yang diperoleh berasal dari royalti atau menjual hak cipta karya yang Anda buat. Sebagai contoh, seorang penulis biasanya mendapatkan rata-rata royalti 10 persen dari harga jual buku.

2. Menyewakan Properti

Jika Anda memiliki beberapa aset properti, ini bisa menjadi ladang untuk mendapatkan passive income dengan menyewakan properti yang Anda miliki. Sebagai contoh, kost-kostan untuk mahasiswa dan pekerja kantoran atau kontrakan yang dibuat untuk pasangan suami istri yang bekerja.


3. Memasang Iklan di Blog

Anda punya blog? Nah, ini juga bisa menjadi sumber passive income. Untuk mendapatkan uang dari blog, bisa dilakukan dengan memasang iklan dari setiap postingan dengan mendaftarkan di Google AdSense. Keuntungan yang diperoleh berasal dari kunjungan yang dilakukan orang yang mengklik iklan di postingan Anda.

4. Menjadi Kontributor Foto

Jika Anda punya skill fotografi, manfaatkan keahlian Anda itu. Anda bisa menghasilkan foto-foto bagus dan bisa dijual lewat platform online yang menawarkan jual-beli foto. Sebagai contoh, platform Shutterstock, iStock, iStockphoto, Bigstockphoto, 123RF, dan lainnya.

Baca juga: Mau Dapat Uang Tambahan dengan Cepat, Lakukan Cara-cara Sederhana ini

5. Monetisasi YouTube

Saat ini banyak orang ingin menjadi YouTuber. Selain menyalurkan hobi, Anda bisa mendapatkan uang dari YouTube. Bahkan, penghasilan sebagai seorang YouTuber bisa mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah. Coba saja lihat YouTuber seperti Atta Halilintar, Baim Paula, Deddy Corbuzier, Ria Ricis, Jess No Limit, dan lainnya.

6. Melakukan Investasi

Sumber lainnya yang bisa mejadi passive income adalah melakukan investasi. Banyak instrumen investasi yang bisa dipilih, mulai dari reksa dana, saham, obligasi negara, deposito, emas, dan valuta asing. Namun, untuk memulai investasi sebaiknya memahami karakteristik dari instrumen investasi tersebut.

Nah, itulah enam cara mendapatkan passive income yang bisa Anda lakukan. Mana cara yang bisa Anda jadilkan sebagai penghasilan pasif? Meskipun sebagai passive income, Anda tetap harus melakukannya secara serius, konsisten, dan bekerja keras. Semoga berhasil!


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Jan. 11, 2021, 8:32 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.