Tren Kenaikan Harga Emas Diprediksi Berlanjut di 2021

Tren Kenaikan Harga Emas Diprediksi Berlanjut di 2021

Sejak pandemi melanda pada Maret 2020, emas menjadi idola investasi banyak orang. Harganya terus melambung hingga menyentuh Rp1 juta per gramnya. Bahkan, diprediksi tren kenaikan harga emas masih berlanjut di tahun 2021.

Tidak heran, sejak pandemi merebak banyak investor dan juga bank sentral berbagai negara yang memborong logam mulia tersebut, sehingga harganya terus meroket. Di Indonesia saja, harga emas Aneka Tambang sepanjang tahun ini telah naik lebih dari 25 persen.

CEO dan Co-Founder Pluang Claudia Kolonas mengatakan, investasi emas sangat menjanjikan karena tren kenaikan harga emas diprediksi masih akan berlanjut. Hal itu berdasarkan proyeksi dari sejumlah ekonom maupun analis.

Baca juga: Panik Virus Corona, Tren Harga Emas Terus Melambung

“Analis Goldman Sachs memproyeksikan harga emas tahun depan bisa mencapai U$2.300 per troy ounce, yang berarti potensi keuntungan lebih dari 20 persen dari sekarang.  Ini saat yang tepat, terlebih dengan adanya berbagai aplikasi dan platform digital yang menawarkan investasi emas secara mudah dan aman,” ujarnya.

Investasi Emas di 2021

Awal tahun kerap menjadi momentum tepat bagi masyarakat untuk mengatur kembali keuangan pribadi maupun keluarga. Di tengah pandemi yang belum mereda, masyarakat ditantang untuk makin bijak dalam mengatur pengeluaran dan memanfaatkan peluang berinvestasi.

Baca juga: Mari Kenali 12 Kelebihan Investasi Emas

Bagi masyarakat yang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah saja dan punya dana lebih karena bonus atau tabungan tidak terpakai untuk liburan, ini bisa jadi waktu yang tepat untuk berinvestasi. Daripada uang bonus tersebut menguap begitu saja untuk hal-hal yang tidak perlu, alangkah lebih baik jika digunakan untuk investasi masa depan.

Lalu, investasi apakah yang menguntungkan, mudah dilakukan dan aman? Jika melihat kondisi saat ini dan prospek ke depan, maka investasi emas bisa menjadi pilihan. Emas disebut sebagai instrumen safe haven karena dianggap sebagai investasi paling aman dan bisa menjadi alat lindung nilai di saat krisis. Hal itu karena nilainya yang relatif stabil dan bersifat likuid, atau mudah dijual-belikan.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Jan. 8, 2021, 11:02 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.