Cara Cerdas Jennifer Bachdim Mengelola Keuangan Keluarga

Cara Cerdas Jennifer Bachdim Mengelola Keuangan Keluarga

Mengelola keuangan keluarga menjadi konsen serius para ibu. Terlebih di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Hal itu pula yang dirasakan oleh model ternama Jennifer Bachdim, istri dari pesepakbola Irfan Bachdim dalam mengelola keuangan keluarga.

Sama seperti para ibu lainnya, Jennifer mengakui pengelolaan keuangan menjadi hal yang serius diperhatikan di dalam kehidupan berumah tangga. Dia bersama sang suami bersama-sama berbagi tugas dalam mengelola keluangan berdasarkan skala prioritas.

“Saya dan suami merupakan sebuah tim dalam menjalankan rumah tangga. Kami berbagi tugas, waktu dan perencanaan untuk keluarga, kesehatan, dan pekerjaan berdasarkan skala prioritas. Jelas, prioritas pertama kami adalah keluarga terutama anak-anak,” kata ibu yang sedang mengandung anak ketiga ini.

Baca juga: Survei OVO: 7 dari 10 Ibu Kesulitan Mengelola Keuangan Keluarga

Dengan adanya skala prioritas keuangan itu, Jennifer dan Irfan Bachdim akhirnya bisa menyeimbangkan antara kebutuhan dengan keinginan. “Jadi, kalau ada pemasukan dari pekerjaan yang kami lakukan, kami langsung amankan untuk pos-pos dana yang memang menjadi kebutuhan harian, bulanan dan tahunan. Yang keluar dan yang masuk pun kami catat baik-baik,” jelasnya.

Dirinya pun menyadari, di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini memiliki dana darurat menjadi sangat penting. Jennifer bersyukur sebelumnya sudah menyiapkan dana darurat untuk hal-hal tidak terduga, sehingga perasaan menjadi lebih tenang apabila sewaktu-waktu harus mengeluarkan dana untuk hal tersebut.

Baca juga: Ibu, Jangan Panik Mengelola Keuangan di Masa Pandemi

Selain memiliki dana darurat, dia menilai seorang ibu harus pandai mengelola keuangan untuk masa depan seperti asuransi dan investasi. Kedua instrumen itu merupakan salah satu pos pengeluaran yang paling penting untuk dialokasikan saat ini.

Menurut Jennifer yang juga penting di tengah pandemi adalah disiplin dalam penggunaan dana, dan memastikan transaksi yang dilakukan selalu minim kontak dan cashless. “Oleh karenanya saya selalu upayakan pakai dompet digital ketika memang harus bertransaksi di luar rumah, atau transaksi lainnya,” tandasnya.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Dec. 28, 2020, 9 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.