Ini Syarat dan Cara Membuat NPWP Online

Ini Syarat dan Cara Membuat NPWP Online

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) merupakan identitas yang diberikan oleh Ditjen Pajak kepada wajib pajak. Bagi Anda yang sudah tergolong sebagai wajib pajak, maka wajib memiliki NPWP. Pasalnya, NPWP ini menjadi dokumen wajib dalam mengurus pajak seperti pajak pribadi.

Bukan hanya terkait pajak, NPWP kini juga sudah menjadi salah satu persyaratan pelayanan umum. Misalnya urusan membuat tabungan, investasi, paspor, visa, pengajuan kredit, dan lain-lain. Maka dari itu, memliki NPWP bagi Anda yang tergolong wajib pajak adalah mutlak untuk memperlancar aktivitas.

Lalu, bagaimana jika belum memiliki NPWP orang pribadi? Tidak usah khawatir, sekarang membuat NPWP sudah sangat mudah. Anda dapat membuatnya melalui NPWP online. Apa syaratnya dan bagaimana cara membuat NPWP online?

Baca juga: Punya NPWP Tapi tidak Bayar Pajak, Apa Sanksinya?

Syarat NPWP Orang Pribadi

1. Melampirkan fotokopi Surat Keterangan Kerja dari tempat pekerjaan Anda yang sekarang bagi karyawan biasa atau SK (Surat Keputusan) bagi PNS

2. Mengisi Formulir Pendaftaran NPWP.

3. Untuk WNI melampirkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).

4. Untuk WNA melampirkan fotokopi paspor dan fotokopi Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) atau Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS).


Cara Membuat NPWP Online

Setidaknya ada tiga langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat NPWP online. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pendaftaran Akun NPWP

Untuk mendaftarkan akun NPWP perlu mengikuti instruksi berikut ini:

• Akses website pendaftaran NPWP online di e-Registration DJP.

• Kemudian pilih tombol “Daftar” yang ada di bagian paling bawah.

Baca juga : Ini Batas Minimum Gaji yang Terkena Pajak

• Anda harus mengisi semua data pendaftaran yang diperlukan seperti nama lengkap, alamat sesuai KTP, alamat email, kata kunci, dan lainnya dengan benar.

• Cek email Anda yang sudah didaftarkan. Buka email dari Dirjen Pajak. Kemudian lakukan aktivasi.

• Bila sudah melakukan aktivasi, coba sign in ke sistem e-Registration dengan menginput alamat email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.

• Lalu akan muncul tampilan Registrasi Data WP (Wajib Pajak) untuk pembuatan NPWP. Anda hanya tinggal mengikuti instruksi yang tertera di layar

 

2. Lampirkan Persyaratan Dokumen

Pastikan dokumen yang sudah disebutkan di atas disesuaikan dengan klasifikasi status wajib pajak diri Anda dan tidak ada satu pun yang tertinggal.

3. Kirim Berkas Elektronik

Di tahap ini Anda harus mengirim berkas elektronik dengan mengikuti cara berikut:

• Bila sudah selesai mengisi formulir, tekan tombol “Token” (kode rahasia) yang terdapat di dashboard. Lalu cek email pribadi Anda untuk melihat kode token.

Baca juga: 4 Alasan Kenapa Perlu Menonaktifkan NPWP Pribadi

Copy-paste token tersebut dan masuk kembali ke menu dashboard. Kemudian klik menu “Kirim” dan paste kode token tersebut di kolom “Token”. Kemudian klik tombol “Kirim Permohonan”.

• Bila nanti NPWP Anda disetujui, kartu NPWP bakal dikirim ke alamat tempat tinggal Anda yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Bila memang NPWP tidak kunjung datang, bisa jadi disebabkan karena ada dokumen-dokumen yang belum lengkap. Anda bisa mencoba mendaftarkannya kembali secara online dengan tetap mengikuti cara membuat NPWP online yang sudah disebutkan di atas atau menghubungi kantor perpajakan tempat Anda terdaftar.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Dec. 21, 2020, 7:27 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.