Cara Gampang Investasi Saham Lewat e-IPO

Cara Gampang Investasi Saham Lewat e-IPO

Bursa Efek Indonesia (BEI) telah mengenalkan sistem Electronic Indonesia Public Offering (e-IPO) atau IPO elektronik sejak 10 Agustus 2020. Sistem ini akan mulai dijalankan secara penuh kepada perusahaan yang akan masuk di bursa efek mulai 1 Januari 2021.

Apa itu e-IPO?

E-IPO adalah sebuah sistem baru yang disediakan oleh Bursa Efek Indonesia untuk memberi kemudahan investor membeli saham perusahaan yang sudah Indonesia Public Offering (IPO). Dengan hadirnya e-IPO ini diharapkan adanya pemerataan kesempataan bagi para investor dalam melakukan penawaran umum saham.

Sistem e-IPO ini berbasis web sehingga para investor dapat melakukan penawaran saham kapan saja dan dimana saja. Dengan kata lain, investor bisa membeli saham IPO menjadi semakin mudah. Investor bisa melihat secara informasi secara detail untuk proses penawaran umum saham.

Baca juga: Pemulihan Ekonomi Indonesia 2021 Diperkirakan Tumbuh 4 Persen

Manfaat e-IPO

Ada beberapa manfaat bagi investor yang membeli saham melalui e-IPO ini. Pertama, Investor yang ingin ikut dalam penawaran umum saham tidak lagi terbatas karena prosesnya dilakukan secara digital dan dapat diakses secara luas.

Kedua, investor dapat mengakses informasi secara lengkap mengenai berbagai jenis saham. BEI pun sudah menyiapkan website e-ipo.co.id. dengan e-IPO penawaran umum saham menjadi lebih transaparan karena akses informasi produk yang jelas.

 

Ketiga, dari sisi perusahaan yang mencatatkan sahamnya, e-IPO mampu mengatasi discount pricing yang terjadi saat IPO saham. Banyak perusahaan yang baru mencatatkan saham perdana harganya langsung melambung tinggi. Bahkan, hingga terkena auto reject. Situasi itu terjadi karena adanya ketidaksesuaian harga pasar dengan harga yang ditawarkan.

Keempat, untuk perusahaan efek sebagai penjamin emisi, e-IPO akan mempermudah publikasi penawaran umum yang akan berlangsung karena diakses di satu website untuk seluruh IPO yang ada. Selain itu akan ada efisiensi proses penawaran umum yang akan diatur dalam POJK baru.

Baca juga: 5 Investasi yang Cocok untuk Anak Muda

Cara Membeli Saham Lewat e-IPO

Dalam video edukasi YouTube Bursa Efek Indonesia (BEI) yang diunggah pada 18 Desember 2020 dijelaskan, cara investor yang ingin melalukan pembelian saham IPO. Langkah awal, investor bisa mengakses website e-ipo.co.id dan melakukan registrasi.

Di laman website tersebut sudah tercantum berbagai informasi seperti nama perusahaan yang melakukan IPO mulai dari pra-efektif, masa masa pembentukan harga saham IPO (bookbuilding), offering sampai dengan berakhirnya masa penawaran umum (closed).

Setelah melakukan registrasi, langkah selanjutnya adalah verifikasi oleh sekuritas yang dipilih perusahaan tersebut. Selanjutnya, investor menyampaikan minatnya pada masa bookbuilding atau masa offering.

Lalu, investor harus menyediakan sejumlah dana melalui Rekening Dana Nasabah (RDN) sebelum masa penawaran umum berakhir. Kemudian, investor menerima saham sesuai penjatahan dan saham resmi menjadi milik investor.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Dec. 21, 2020, 7:13 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.