Adira Insurance Dorong Masyarakat Selamat di Jalan Raya

Adira Insurance Dorong Masyarakat Selamat di Jalan Raya

Perubahan berskala besar yang terjadi atas dampak kehadiran COVID-19 merupakan tantangan besar bagi seluruh dunia untuk dapat beradaptasi, termasuk di Indonesia. Perubahan ini telah mengubah cara kita dalam beraktifitas, mulai dari belanja, bekerja hingga sekolah dilakukan dari rumah. 

Meski kini mayoritas masyarakat sudah terbiasa beraktifitas dari rumah, namun kecelakaan lalu lintas tetap terjadi. Data Korlantas Polri memaparkan bahwa pada periode minggu ke-32 2020, jumlah kecelakaan lalu lintas telah mencapai 1.234 kejadian. Artinya, rata-rata setiap harinya terjadi 5-6 kecelakaan lalu lintas. 

Kondisi itu membuat PT. Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) menyadari pentingnya meningkatkan kepedulian masyarakat akan keselamatan jalan. Selama 10 tahun terakhir, Adira Insurance konsisten mengadakan kampanye I Wanna Get Home Safely untuk mendukung peningkatan keselamatan jalan di Indonesia dengan menggandeng pemerintah, komunitas dan NGO.

Baca juga: Musim Hujan Datang, Waktunya Membeli Asuransi Kendaraan

Direktur Adira Insurance Donni Gandamana mengatakan, sejalan dengan tujuan awal kampanye keselamatan jalan I Wanna Get Home Safely yakni untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan bagi masyarakat Indonesia, Adira Insurance secara konsisten menggalakkan keselamatan jalan.

Indonesia Road Safety Award (IRSA) merupakan kampanye keselamatan jalan yang dilakukan oleh Adira Insurance, salah satunya menggandeng Pemerintah Daerah. Melalui IRSA, Adira Insurance memberikan apresiasi kepada kota dan kabupaten yang memiliki penerapan tata kelola keselamatan jalan terbaik. 

IRSA digagas dengan tujuan untuk menurunkan angka kecelakaan di Indonesia serta terus berupaya untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat baik pemerintah, pihak lembaga swadaya masyarakat, pihak swasta, masyarakat dan berbagai pihak lainnya untuk terus peduli terhadap keselamatan jalan. 

Baca juga: Cara Jitu Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor

“Kami secara konsisten menggalakkan keselamatan jalan dengan melakukan berbagai penyesuaian terhadap program IRSA menjadi riset pemetaan profil keselamatan jalan di 15 Kota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia melalui Road Safety Behavior Research,” ucap Donni.

Road Safety Behavior Research dilakukan selama 3 bulan sejak Oktober 2020, dengan mengambil 1500 responden yang tersebar di 15 Kota di Indonesia. Berbeda dari riset yang sebelumnya dilakukan, riset yang sedang berjalan ini akan melihat bagaimana perilaku berkendara dari masyarakat Indonesia yang mencakup pengetahuan, sikap hingga kebiasaan. 

Riset ini merupakan pengembangan dari IRSA. Adira Insurance melihat bagaimana program keselamatan jalan yang diterapkan oleh pemerintah kota dan kabupaten berjalan dengan baik di mata masyarakat sementara riset ini melihat dari sisi yang berbeda yaitu perilaku masyarakat itu sendiri.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Dec. 17, 2020, 9:04 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.