4 Langkah Menyiapkan Dana Darurat untuk Tes PCR

4 Langkah Menyiapkan Dana Darurat untuk Tes PCR

Swab tes PCR (Polymerase Chain Reaction) merupakan metode pengujian yang cocok bagi Anda yang rentan terpapar virus corona atau Covid-19. Tes PCR juga baik untuk Anda bekerja di luar rumah, maupun hanya ingin memastikan diri sehat dan terbebas dari virus corona.

Meski biaya tesnya relatif mahal, PCR dinilai lebih akurat dalam memeriksa virus SARS-CiV-2 dibandingkan tes rapid, antigen, dan serulogi. Sambil menjalankan protokol kesehatan, tidak ada salahnya menyiapkan dana darurat untuk tes PCR dan perawatan diri dari dari sekarang.

Bagaimana caranya? Ada empat langkah yang harus diperhatikan dalam menyiapkan dana darurat untuk tes PCR supaya cash flow Anda tidak terganggu.

1. Cek Kebutuhan Swab Test PCR

Coba cek berapa frekuensi swab test PCR yang perlu Anda lakukan dalam jangka waktu tertentu. Jika Anda bekerja di tempat yang memiliki risiko tinggi terpapar Covid-19 seperti rumah sakit, mungkin akan perlu tes PCR secara berkala dua minggu sekali.

Baca juga: Dana Darurat, Penyelamat Saat Mendesak

Apabila Anda yang rutin ke kantor dan bermobilitas tinggi, mungkin perlu tes PCR sekali setiap bulan. Namun yang pasti, cek sesuai kebutuhan pribadi maupun pekerjaanmu masing-masing, karena kebutuhan tiap orang berbeda.

2. Tes PCR Sesuai Budget dan Lokasi

Pemerintah telah menetapkan harga tes PCR sekitar Rp900 ribu. Anda bisa menjadikan ini patokan untuk menghitung budget. Namun, tidak ada salahnya Anda mencari informasi klinik, rumah sakit, atau laboratorium yang menyediakan fasilitas tes PCR. Pilihlah tempat tes PCR yang sesuai budget dan kebutuhan layanan.

3. Cek Cash Flow Selama Pandemi

Saat pandemi, pola konsumsi pasti berubah. Coba cek cash flow Anda, apakah ada budget yang tidak terpakai atau bisa dialihfungsikan untuk sementara. Apabila bekerja secara work form home (WFH), Anda bisa mengumpulkan dana dari biaya-biaya seperti parkir kendaraan, transportasi, atau dana liburan.

Baca juga: Panduan Mempersiapkan Dana Darurat dalam Keluarga

4. Cari Pemasukan Tambahan

Jika kebutuhan dana darurat Anda sangat besar dan sulit untuk menyisihkan dari gaji utama, tidak ada cara lain selain mencari kerja sampingan saat weekend. Anda bisa memaksimalkan kemampuan dan kalian yang dimiliki seperti fotografi atau membuka bisnis online kecil-kecilan. Jika minim modal, Anda bisa bergabung menjadi salespersonreseller, atau dropshipper

Dengan mempunyai pemasukan tambahan, maka budget Anda untuk kebutuhan primer akan tetap aman dan tidak perlu diutak-atik untuk memenuhi dana untuk PCR. Cash flow Anda pun tidak akan terganggu. Bahkan jika beruntung, Anda malah bisa menabung dari pemasukan tambahan tersebut.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Dec. 7, 2020, 9:47 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.