Pandemi Mengubah Cara Dunia Berbisnis

Pandemi Mengubah Cara Dunia Berbisnis

Pandemi Covid-19 telah mengubah cara dunia berbisnis, termasuk cara pelanggan dalam membeli barang konsumsi. Melakukan transkasi pembayaran digital merupakan salah satu cara yang dipilih pelanggan untuk mengurangi kontak fisik dan melakukan transaksi secara aman. 

Hasil Jenius Study terbaru berjudul Perilaku Digital Savvy Selama Masa Adaptasi Kebiasaan Baru menunjukkan, sekitar 79 persen responden menggunakan mobile banking sebagai banking channel yang paling sering digunakan selama masa adaptasi kebiasaan baru. Studi ini dilakukan pada Mei 2020 kepada 267 responden berusia 16-40 tahun.

Waasi B. Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN menjelaskan, Jenius Bank BTPN menghadirkan kemudahan bagi masyarakat digital savvy Indonesia dalam bertransaksi online melalui fitur Jenius Pay di aplikasi Jenius. Ekosistem ekonomi digital di Indonesia bisa tercipta jika ada kolaborasi dalam upaya mewujudkannya. 

Baca juga: Lebih simpel transaksi online tanpa Kartu dengan Jenius Pay

Dalam bisnis, pandemi membawa banyak perubahan perilaku konsumen dalam berbelanja. VP of Product & Growth Kopi Kenangan Marsela Limesa mengungkapkan, 70 persen transaksi di Kopi Kenangan merupakan transaksi digital atau cashless

“Kehadiran Jenius Pay di aplikasi Kopi Kenangan sejalan dengan komitmen untuk memberi layanan lebih kepada setiap pelanggan dengan menambah jenis platform digital baru yang bisa mereka pilih saat melakukan pembayaran melalui aplikasi Kopi Kenangan,” jelasnya.

Baca juga: Pegang Kendali Bisnis dengan Layanan Transaksi Cross Border

Sementara itu, Head of Partnership and Alliance & Head of Digital Category JD.ID Abraham Luhska Harahap mengungkapkan, sejak awal pandemi di Indonesia pada Maret 2020 lalu, data JD.ID menunjukkan, rata-rata penjualan mingguan meningkat hingga 50 persen, jika dibandingkan dengan era normal.

Itu dibuktikan dari pelaksanaan festival belanja akhir tahun, HARJOYNAS, mulai dari 9.9, 10.10, hingga 11.11, JD.ID mencatat sederet peningkatan penjualan, jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Jumlah pesanan meningkat hingga 60 persen pada 9-11 November 2020 (periode pelaksanaan HARJOYNAS 11.11).


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Dec. 4, 2020, 10:08 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.