5 Manfaat Asuransi Perjalanan

5 Manfaat Asuransi Perjalanan

Jika Anda punya hobi traveling atau kerap melakukan perjalanan dinas dalam waktu yang cukup lama ke luar negeri, ada baiknya mempertimbangkan untuk mengambil perlindungan asuransi perjalanan. Pasalanya, beberapa negara di Eropa dan Amerika menjadikan asuransi perjalanan sebagai syarat jika ingin melancong ke negara di dua benua tersebut. 

Asuransi perjalanan sangat bermanfaat ketika ada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi selama perjalanan. Bila memang ingin memiliki asuransi ini, Anda harus mengurusnya sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri agar perjalanan bisa nyaman.

Baca juga: Ini Pilihan dan Ragam Manfaat dari Asuransi Perjalanan

Nah, ada beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan bila memiliki asuransi perjalanan. Apa saja? Berikut ini lima manfaat asuransi perjalanan.

1. Ganti Rugi Kehilangan Bagasi atau Kerusakan Barang

Terkadang dalam melakukan perjalanan ada saja peristiwa penumpang mengalami bagasi atau barang yang dibawa hilang atau rusak. Bila Anda memiliki asuransi perjalanan, bisa memperoleh ganti rugi terhadap peristiwa tersebut.

2. Kompensasi Pembatalan atau Keterlambatan Perjalanan

Saat melakukan perjalanan, terkadang ada saja kondisi di mana pesawat atau kendaraan yang Anda gunakan terlambat hingga 12 jam lamanya atau mengalami pembatalan keberangkatan karena beberapa kondisi buruk lainnya.

Baca juga: Trik Sukses Klaim Asuransi Perjalanan

Bila Anda memiliki asuransi perjalanan, manfaat yang akan diperoleh salah satunya adalah menerima kompensasi dari pihak asuransi bila hal tersebut terjadi. Bentuk kompensasi bisa berbeda-beda. Bisa seperti memperoleh makanan dan minuman atau penginapan gratis di hotel yang bermitra dengan maskapai penerbangan.

3. Pertanggungan Biaya Perawatan Medis

Manfaat asuransi perjalanan yang pertama adalah mampu memberikan uang pertanggungan dari perawatan dan pengobatan medis yang Anda peroleh selama berada di negara tersebut bila terjadi kecelakaan atau cedera.

Baca juga: Lebih Simpel Mana Asuransi Perjalanan Cashless atau Reimburse?

4. Santunan Atas Kematian

Bila Anda sebagai pencari nafkah meninggal dunia saat melakukan perjalanan, maka salah satu manfaat dari asuransi perjalanan, yaitu memperoleh sejumlah uang pertanggungan yang akan diberikan pada keluarga Anda dari pihak asuransi.

5. Pertanggungan Kerugian Akibat Bencana Alam dan Terorisme

Ada sebagian layanan asuransi perjalanan yang menyediakan manfaat berupa pertanggungan terhadap bencana alam dan aksi terorisme yang tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi. Kalau Anda memiliki asuransi perjalanan, kerugian berupa finansial atau fisik bisa ditanggung oleh pihak asuransi.

Biasanya jasa asuransi perjalanan profesional akan menyediakan pelayanan perlindungan termasuk evakuasi medis selama 24 jam setiap harinya selama Anda melakukan perjalanan dan aktivitas di lokasi tujuan.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Dec. 4, 2020, 10:21 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.