Strategi Perbankan Syariah untuk Memenangkan Persaingan

Strategi Perbankan Syariah untuk Memenangkan Persaingan

Sebagai negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim, potensi perbankan syariah di Indonesia sangat besar. Meskipun potensinya besar, perbankan syariah harus memiliki strategi agar tetap bisa bersaing. Strategi itu salah satunya adalah mampu memberikan layanan yang prima pada nasabah. 

Hal itu disampaikan Pemimpin Wilayah Barat BNI Syariah Dade Dermawan dalam webinar Hasanah Ultimate Service dengan tema Beyond Service Culture. Menurutnya, Perbankan syariah saat ini harus bisa memberikan layanan prima sebagai strategi untuk memenangkan persaingan. “Agar BNI Syariah sebagai institusi perbankan bisa memberikan layanan prima ke segenap nasabah,” katanya.

Perbankan dituntut bisa melakukan dua hal, yaitu memenangkan dan menenangkan hati nasabah. Untuk itu, BNI Syariah senantiasa memberikan layanan yang baik, tulus, dan ikhlas sebagai bagian dari budaya perusahaan. Sebagai Hasanah Banking Partner, BNI Syariah berkomitmen mengajak nasabah ke arah lebih baik dan memberikan kebermanfaatan baik di dunia dan di akhirat.

Baca juga: 3 Faktor Pendorong Pertumbuhan Perbankan Syariah di Era New Normal

Sementara itu, Wakil Pemimpin Divisi Jaringan dan Layanan BNI Syariah Elvita menjelaskan dalam Hasanah Ultimate Service, BNI Syariah berkomitmen selalu memberikan layanan di atas excellence (ultimate), sehingga bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk nasabah. 

BNI Syariah berkomitmen melayani nasabah dengan friendly, agile dalam menerapkan prinsip spiritual sehingga bisa menjadi top of mind masyarakat. BNI Syariah juga terus mengikuti perkembangan digital dan transformasi melalui layanan electronic banking sehingga bisa menyesuaikan kebutuhan nasabah.

Hasanah Ultimate Service mempunyai empat aspek yaitu people, digital process, physical, dan business. Terkait people ini, pegawai harus memiliki hospitality atau keramahtamahan yang tinggi. Selain itu, pegawai frontliner juga dipersiapkan menjadi financial advisor sehingga layanan menjadi lebih fleksibel, cepat, mudah dengan skill dan knowledge pegawai yang mumpuni dalam memberikan berbagai solusi bagi nasabah.

Baca juga: Peran Perbankan Syariah dalam Pengembangan Industri Halal

Kedua pengembangan kualitas layanan melalui digital process sehingga proses transaksi menjadi lebih simpel (simplicity) dan disesuaikan dengan lifestyle nasabah. Ketiga, aspek physical, yaitu ruangan yang ada di kantor cabang dan outlet BNI Syariah di seluruh Indonesia dalam kondisi bersih aman dan nyaman serta ramah difabel. Keempat adalah aspek business yang saling berkaitan dengan services bertujuan untuk kemaslahatan nasabah dan umat.

Psikolog dan CEO APDC Indonesia Analisa Widyaningrum mengatakan, teman-teman di cabang merupakan garda terdepan dalam hal pelayanan ke nasabah. “Oleh karena itu penting untuk memberikan kesan pertama, aura positif, dan powerfull personality kepada nasabah,” kata Analisa Widyaningrum.

Hasanah Ultimate Service merupakan value utama yang bisa diberikan ketika melakukan pelayanan kepada nasabah. Untuk menerapkan prinsip ini, membutuhkan kecerdasan emosi dan empati agar bisa memberikan pelayanan yang terbaik.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Nov. 26, 2020, 9 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.