Perpaduan Human Touch dan Teknologi Jadi Solusi Industri Asuransi

Perpaduan Human Touch dan Teknologi Jadi Solusi Industri Asuransi

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia belum menunjukkan tanda-tanda menurun. Terlebih Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi masih terus diperpanjang. Kondisi ini menjadi tantangan tersendiri bagi semua lini sektor industri, termasuk industri asuransi.

Pandemi mendorong industri asuransi untuk melakukan digitalisasi di berbagai aspek operasionalnya, mulai dari manajemen bisnis hingga lini terdepan yang berhubungan dengan nasabah. Dengan meningkatnya permintaan terhadap perlindungan asuransi di masa pandemi, transformasi digital pun menjadi tantangan bagi bisnis yang mengandalkan pendekatan personal dan rasa percaya (trust).

Baca juga: Bagaimana Aplikasi Digital Bisa Mengubah Wajah Bisnis?

Chubb Life Indonesia menilai, perpaduan antara human touch (sentuhan manusia) dan teknologi digital merupakan rumus kunci untuk tetap memenuhi kebutuhan nasabah di tengah masa yang menantang ini dan seterusnya. 

“Pendekatan personal dan rasa percaya akan selalu menjadi aspek vital bagi nasabah, terlepas dari situasi saat ini yang memaksa kita semua untuk membatasi interaksi langsung. Kita membutuhkan solusi yang tetap dapat mempertahankan human touch meski ketika kita diharuskan untuk membatasi interaksi secara langsung,” kata Presiden Direktur Chubb Life Indonesia Kumaran Chinan.


Salah satu inovasi digital yang dilakukan oleh Chubb Life Indonesia adalah pengoptimalan platform online Customer Corner untuk berinteraksi dengan nasabah. Platform tersebut menyediakan sistem pengajuan klaim online (e-claim) yang membuat proses klaim menjadi virtual, lebih cepat, dan lebih mudah. 

“Saat ini, klaim yang memenuhi syarat, bernilai di bawah USD200 atau sekitar Rp 2,8 juta, dan diajukan secara digital melalui Chubb Life Customer Corner akan disetujui pada hari yang sama ketika klaim tersebut diajukan,” ungkap Kumaran.

Baca juga: Aplikasi Digital Dorong Bisnis UMKM Naik Kelas

Meskipun teknologi digital tidak akan menggantikan human touch, terutama ketika nasabah tengah mengalami masa sulit dalam hidupnya, proses klaim yang cepat diharapkan dapat memberikan ketenangan pikiran (peace of mind).

Chubb Life Indonesia menerapkan pendekatan komunikasi omnichannel atau terintegrasi guna memastikan bahwa nasabah dapat menjangkau layanan Chubb Life dengan mudah dan berinteraksi dengan tim Chubb Life melalui platform seperti digital dan sosial media seperti: WhatsApp, komunikasi virtual yang sudah umum digunakan masyarakat luas.

Dengan semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang menghargai pentingnya perlindungan asuransi jangka panjang dan menginginkan keamanan finansial, Chubb Life Indonesia terus memprioritaskan kebutuhan, kenyamanan, dan keamanan nasabah, serta  menciptakan pengalaman yang  memuaskan bagi nasabah,” jelas Emira Oepangat, Head of Life Operations Chubb Life Indonesia.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Nov. 24, 2020, 1:38 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.