Inovasi Face Your Future Bank DBS Indonesia untuk Persiapan Dana Pensiun

Inovasi Face Your Future Bank DBS Indonesia untuk Persiapan Dana Pensiun

Bank DBS Indonesia mengenalkan inovasi terbaru untuk perencanaan dana pensiun, yakni Face Your Future. Inovasi ini menggunakan menggunakan teknologi pengenalan wajah dan artificial intelligence (AI) yang dapat memperkirakan usia nasabah. Selain itu, Face Your Future dapat memberikan gambaran masa depan nasabah pada usia pensiun. 

Melalui Face Your Future, nasabah memiliki informasi kebutuhan yang perlu disiapkan untuk menikmati masa pensiun yang diinginkan. Nasabah juga dapat mengatasi tantangan dan mempersiapkan diri dengan lebih baik sedini mungkin melalui kecanggihan teknologi yang mampu memberikan gambaran informasi atas rentang waktu masa pensiun yang diinginkan sehingga masa depan dapat lebih terencana. 

Consumer Banking Director PT Bank DBS Indonesia Rudy Tandjung mengatakan, merencanakan masa depan dan masa pensiun sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Terlebih lagi mengingat ketidakpastian yang mungkin terjadi, contohnya pandemi yang terjadi saat ini. Ketika harapan hidup meningkat, dan gaya hidup perlu berubah, penting untuk mengatur rencana dalam mempersiapkan masa depan yang lebih mapan.

Baca juga: Dampak Covid-19 Memperburuk Sistem Pensiun

“Melalui Face Your Future, kami berharap dapat memberikan informasi dan gambaran yang lebih baik kepada nasabah, terutama generasi muda, tentang realitas masa pensiun, sehingga mereka dapat merancang masa depan secara strategis dan percaya diri,” katanya.

Pendekatan personalisasi Face Your Future mencakup algoritma nasabah untuk mengestimasikan biaya yang perlu dipersiapkan nasabah untuk menikmati hari tua nanti, berdasarkan pilihan gaya hidup yang nasabah inginkan ketika pensiun. 

Dengan preferensi yang ditentukan nasabah, seperti kapan waktu untuk pensiun yang diinginkan, serta memvisualisasikan kehidupan yang didambakan pada tahun-tahun emas mereka nanti, Face Your Future akan mengkalkulasikan kebutuhan yang nasabah perlu siapkan setiap bulannya dan bagaimana cara untuk dapat mencapainya. 

Baca juga: Sistem Pensiun Indonesia Peringkat 4 Asia dengan Rating C

Berdasarkan laporan Spotlight On Retirement Indonesia oleh Society of Actuaries dan LIMRA Secure Retirement Institute (2018), diperkirakan penduduk Indonesia secara keseluruhan akan tumbuh sebesar 25 persen antara tahun 2015 dan 2050, sementara dalam periode yang sama, penduduk usia 60+ (lansia) akan tumbuh sebesar 195 persen, secara signifikan melampaui pertumbuhan total penduduk. 

Proporsi penduduk lansia diproyeksikan meningkat hampir tiga kali lipat dalam kurun waktu 35 tahun, dari 21 juta pada 2015 menjadi 62 juta pada 2050. Dengan jumlah penduduknya yang besar, Indonesia perlu mempersiapkan diri dengan baik untuk melayani kebutuhan penduduk lansia di masa depan. 

Jika tidak, hal tersebut akan menjadi sebuah tantangan, seperti menyusutnya tenaga kerja hingga perlambatan pertumbuhan ekonomi yang akan memberikan tekanan besar pada sistem pensiun di masa depan.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Nov. 20, 2020, 8:18 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.