Daftar Harga Terbaru Token Listrik Per kWh

Daftar Harga Terbaru Token Listrik Per kWh

Anda pasti sudah tahu apa itu token listrik atau pulsa listrik. Token listrik adalah sistem pembayaran yang digunakan untuk mengisi ulang daya listrik dari layanan PLN prabayar. Bila menggunakan token listrik, biasanya kamu akan memperoleh 20 digit kode token. Kode tersebut dipakai saat mengisi daya listrik pada alat Meter Prabayar (MPB).

Jumlah nominal token listrik biasanya sudah ditetapkan oleh PLN (Perusahaan Listrik Negara). Harga token listrik berbeda-beda tergantung pada seberapa besar kWH (kilo watt hour) listrik yang diinginkan. Berapa harga token listrik saat ini? 

Baca juga: Berapa Uang Pesangon PHK Sesuai UU Cipta Kerja?

Untuk harga token listrik sendiri cukup beragam karena bergantung dari ketentuan gerai atau toko yang menjual token listrik. Ada yang menawarkan harga jual di bawah nominal dari yang ditetapkan PLN dan ada juga yang menerapkan harga sedikit di atasnya.

Namun, Harga token listrik yang ditentukan dari PLN memiliki beberapa ragam nominal, yaitu Rp20.000, Rp50.000, Rp100.000, Rp250.000, Rp500.000, dan Rp1.000.000. Bila sudah dipakai nanti, nominal pulsa listrik tersebut diubah dalam bentuk kWh listrik pada meteran listrik, sehingga kamu bisa melihat berapa besar pemakaian listrik per bulannya.

Baca juga: Tips Investasi di Masa Resesi

Ciri khas dari penggunaan token listrik ini adalah bila pulsa listrik sudah mau habis, maka akan muncul pemberitahuan dalam bentuk warna lampu tertentu atau suara. Bila sudah habis, akibatnya sambungan listrik yang sedang digunakan akan terputus atau padam. Namun listrik akan kembali menyala, bila kamu sudah mengisi token listrik.

Mengetahui ID Pelanggan PLN


Bagi pengguna listrik pascabayar atau listrik token PLN (listrik prabayar) pasti sudah sangat familiar dengan ID pelanggan PLN. Pasalnya, nomor ini digunakan untuk mengetahui tagihan listrik yang harus dibayar tiap bulannya atau jumlah token yang tersisa. Namun, terkadang, Anda bisa kehilangan atau mungkin lupa dengan ID PLN yang dimiliki tersebut.  

1. Lihat Pada Struk PLN

Cara mengetahui ID Pelanggan PLN adalah dengan melihat dari struk pembayaran yang diperoleh setelah membayar tagihan listrik. Pada struk pembayaran tersebut biasanya terdapat nomor ID pelanggan listrik Anda.

Baca juga: 5 Kunci Menjadi Wirausaha Sosial Sukses

2. Lewat Meteran PLN

Cara mengetahui ID Pelanggan PLN lainnya juga bisa dilakukan dengan melihat di meteran listrik yang ada di rumah Anda. Coba periksa barcode dalam meteran tersebut. Biasanya di bawah barcode tertera 11 hingga 12 digit angka yang menjadi ID Pelanggan PLN.

3. Website Resmi PLN

Cara mengetahui ID pelanggan PLN juga bisa melalui website resmi milik PLN di https://portal.pln.co.id/. Untuk mengetahui ID PLN, Anda perlu tahu nama pemilik rekening listrik yang ingin dicari tahu nomor ID pelanggannya. Bila sudah mengetahui namanya, masukkan nama tersebut dan cocokkan dulu data yang ada apakah sesuai atau tidak. 

Baca juga: Perlindungan Konsumen di Era Digital Semakin Penting

4. Struk Pembayaran e-Commerce

Sekarang kamu juga bisa membayar listrik melalui beberapa e-commerce. Bila sudah melakukan melakukan pembayaran melalui e-commerce, Anda biasanya memperoleh struk bukti pembayaran listrik melalui email pribadi. Nah, di dalam struk tersebut tertera nomor ID pelanggan listrik Anda.

5. Akses Aplikasi PLN

Satu lagi cara mengetahui ID Pelanggan PLN  melalui aplikasi PLN. Anda bisa mengunduh aplikasinya di Play Store (Android) dan App Store (iOS). Di aplikasi PLN Anda bisa melihat informasi terkait listrik yang digunakan, seperti jumlah pemakaian listrik, nama pemilik rekening, nomor ID pelanggan, dan biaya tagihan listrik.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Nov. 19, 2020, 10:12 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.