6 Pilihan Investasi Syariah yang Aman dan Menguntungkan

6 Pilihan Investasi Syariah yang Aman dan Menguntungkan

Sebagai negara yang memiliki populasi muslim terbesar, Indonesia punya potensi yang sangat besar dalam pengembangan investasi syariah. Investasi berbasis syariah ini merupakan investasi yang dilakukan dengan pedoman pada nilai-nilai Islam dan tidak melanggar ajaran agama Islam.

Investasi syariah ini dikelola dengan memegang prinsip syariat Islam yang tidak melakukan praktik riba, risiko cenderung kecil karena mengedepankan asas kekeluargaan, dan manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh para nasabah, tetapi juga untuk orang lain.

Baca juga: Apa itu Investasi Syariah?

Di Indonesia, ada banyak jenis investasi syariah. Apa saja jenis investasi syariah yang ada di Indonesia? Berikut ini pilihannya.

1. Deposito Syariah

Deposito syariah kini mulai banyak ditawarkan kepada masyarakat. Sama seperti deposito konvensional, deposito syariah merupakan tabungan berjangka yang disediakan oleh bank dan dilindungi oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Bedanya, deposito syariah memberlakukan sistem bagi hasil dari investasi ke produk usaha yang halal.

2. Emas Syariah

Emas menjadi pilihan investasi yang manarik saat ini karena harganya yang terus naik. Apabila ingin mengambil investasi emas syariah, Anda bisa memanfaatkan fasilitas dari Pegadaian Syariah atau bank syariah.


3. Saham Syariah

Saham syariah adalah efek atau surat berharga yang menjalankan konsep penyertaan modal dengan memberlakukan sistem bagi hasil usaha yang produk dan mekanismenya tidak melanggar nilai-nilai yang dipegang dalam sistem syariah. Dalam praktiknya, saham syariah juga diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS), untuk memastikan aktivitas perusahaan tetap memberlakukan nilai-nilai syariah.

4. Obligasi Syariah

Pilihan investasi syariah lainnya adalah obligasi syariah atau yang disebut sebagai sukuk. Obligasi syariah merupakan produk surat utang yang diterbitkan dengan prinsip syariah. Biasanya perusahaan menggunakan obligasi syariah untuk mencari modal. Terbaru, Pemerintah telah menerbitkan Sukuk Tabungan seri ST007 dengan nilai kupon 5,5 persen per tahun.

Baca juga: Kupon Sukuk Tabungan Seri ST007 5,5 Persen, Ini Detailnya

5. Reksa Dana Syariah

Anda juga bisa memilih investasi reksa dana syariah. Sistem dari reksa dana syariah, yakni manajer investasi akan mengumpulkan dana dari para investor dan akan mengelola uang pada beberapa instrumen seperti obligasi, produk pasar uang, atau saham yang menjalankan prinsip syariah. Biasanya manajer investasi juga hanya mengatur reksa dana yang biasa terdaftar di Daftar Efek Syariah (DES).

6. Properti

Properti seperti apartemen, rumah, atau kondominium juga termasuk pilihan investasi syariah terbaik. Beberapa keuntungannya antara lain risiko yang rendah, nilai jual yang terus naik, dan bila properti tersebut disewa atau dikontrakkan pemiliknya bisa memeroleh penghasilan tetap.

Bagaimana cukup banyak bukan pilihan investasi syariah terbaik di Indonesia? Anda pilih saja berdasarkan kebutuhan, tujuan, dan kemampuan keuangan yang Anda miliki.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Nov. 6, 2020, 9:12 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.