Masuk 50 Perempuan Berpengaruh di Dunia, Ini Profil Nicke Widyawati

Masuk 50 Perempuan Berpengaruh di Dunia, Ini Profil Nicke Widyawati

Media bisnis Fortune kembali menerbitan 50 daftar Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia atau Most Powerful Women International 2020. Menariknya, ada nama perempuan Indonesia yang masuk daftar tersebut. Ia adalah Nicke Widyawati, Direktur Utama Pertamina yang berada pada urutan 16.

Nicke dinilai memiliki kemampuan mengendalikan perusahaan yang dipimpinnya. Fortune menilai Nicke mampu menangani sebuah perusahaan milik negara dengan revenue tahunan lebih dari US$54,6 miliar dan 32.000 pekerja di seluruh dunia.

“Pemerintah baru-baru ini menegaskan kembali kepercayaannya kepadanya untuk melakukan transformasi perusahaan menjadi perusahaan induk dengan anak perusahaan terbuka selama dua tahun ke depan,” tulis laman resmi Fortune.

Baca juga: Sukuk Tabungan Seri ST007 Akan Terbit Awal November 2020

Profil Nicke Widyawati

Nicke Widyawati lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat Pada 25 Desember 1967. Perempuan berusia 52 tahun ini diangkat menjadi Direktur Utama Pertamina pada 30 Agustus 2018. Sebelumnya, Sarjana Teknik Industri Institut Teknologi Bandung (ITB) ini menjadi Pelaksana Tugas Direktur Utama menggantikan Elia Massa Manik.

Perjalanan karier Nicke pada awalnya bukan di Pertamina, tetapi di bidang perbankan. Karier perbankannya dimulai saat masih mengeyam pendidikan di ITB. Saat itu, lulusan S2 Hukum Bisnis Universitas Padjadjaran ini telah bekerja di Bank Duta cabang Bandung pada 1988. Setelah itu ia sempat bekerja di PT Rekayasa Industri.

Baca juga: Lewat Gadai Efek, Pegadaian Beri Pinjaman Sampai Rp20 Miliar

Pejalanan karier di Pertamian dimulai Nicke pada 2017. Ia mulai berkarier di Pertamian sebagai Direktur Sumber Daya Manusia dan pelaksana tugas Direktur Logistik, Rantai Pasokan dan Infrastruktur. Baru beberapa bulan menjabat ia dijadikan pelaksana tugas Direktur Utama merangkap Direktur Sumber Daya Manusia.

Penerima penghargaan Women's Work of Female Grace ini pun bersyukur dan menerima positif atas penobatan dirinya sebagai salah satu wanita paling berpengaruh di dunia oleh Fortune. Nicke menilai pemeringkatan Fortune merupakan apresiasi tidak hanya untuk dirinya seorang, melainkan apresiasi untuk keseluruhan tim Pertamina.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Nov. 2, 2020, 8:28 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.