Sekoci Amana, Asuransi Jiwa Berjangka Syariah Allianz Indonesia

Sekoci Amana, Asuransi Jiwa Berjangka Syariah Allianz Indonesia

Penetrasi asuransi jiwa di Indonesia masih kecil. Berdasarkan data OJK per Agustus 2020, tingkat penetrasi asuransi jiwa di Indonesia masih di bawah angka 2 persen dari keseluruhan GDP/PDB. Melihat hal itu, PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) memperluas jangkauan perlindungan dan layanan asuransi ke berbagai segmen masyarakat Indonesia, termasuk emerging consumer.

Bisnis emerging consumer Allianz Life sebagian besar ditopang oleh produk asuransi jiwa kredit. Nasabah yang mendapatkan perlindungan asuransi jiwa adalah nasabah individual, maupun nasabah yang menggeluti bidang UMKM. Untuk kategori nasabah UMKM, produk perlindungan asuransi jiwa kredit lekat kaitannya dengan produk pinjaman yang dimanfaatkan untuk dukungan modal usaha.

Baca juga: Allianz Eazy Cover, Proteksi Asuransi dari Rumah Saja

“Kami telah menjalani bisnis asuransi mikro dan emerging consumer selama 14 tahun. Mengingat pentingnya perlindungan, khususnya terhadap kelangsungan bisnis yang dirintis di saat pandemi seperti saat ini, kami juga mengembangkan produk Sekoci Amana yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah emerging consumer,” kata Bianto Surodjo, Chief Partnership Distribution Officer Allianz Life Indonesia.

Sekoci Amana adalah produk asuransi jiwa mikro yang dirancang secara basis syariah dari produk asuransi jiwa mikro Sekoci yang sudah dipasarkan sejak tahun 2016. Produk asuransi ini ditujukan untuk masyarakat konsumen mikro maupun emerging market dengan harga yang sangat terjangkau, proses administrasi yang mudah dipahami dan dibeli, serta pembayaran klaim yang cepat.


Sesuai dengan namanya, Sekoci, produk ini diharapkan bisa menjadi sekoci atau perahu penyelamat bagi keluarga berpenghasilan terbatas agar tetap bertahan secara ekonomi saat tertimpa musibah melalui manfaat santunan jiwa bagi keluarga yang ditinggalkan. Sekoci Amana memberikan perlindungan asuransi jiwa dengan kontribusi terjangkau mulai dari Rp6.000.

Baca juga: Strategi Investasi Allianz Indonesia di Masa Pandemi

Manfaat yang akan didapat antara lain pilihan santunan jiwa jika peserta meninggal dunia hingga Rp18juta, pilihan santunan jiwa jika peserta meninggal dunia karena kecelakaan hingga Rp90juta, serta pilihan tambahan satu kali santunan tunai rawat jalan di rumah sakit akibat kecelakaan hingga Rp300ribu.

Dengan demikian, keluarga peserta asuransi yang ditinggalkan dapat tetap meneruskan bisnis UMKM demi kesejahteraan masa depan. Selain manfaat perlindungan, peserta juga dapat berbagi kebaikan dengan peserta asuransi Sekoci Amana lainnya, karena kontribusi yang dibayarkan akan dikelola Allianz Life sebagai dana musibah yang akan diberikan kepada peserta lain yang mengalami musibah.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Oct. 27, 2020, 10:03 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.