BPJS Kesehatan Buka Pelayanan Non Tatap Muka Lewat WhatsApp

BPJS Kesehatan Buka Pelayanan Non Tatap Muka Lewat WhatsApp

Pandemi Covid-19 membatasi aktivitas tatap muka di semua lini bisnis, termasuk dalam layanan kesehatan seperti BPJS Kesehatan. Untuk tetap mempermudah, dalam hal ini BPJS Kesehatan mencanangkan sebuah inovasi berupa kanal Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (Pandawa).

Kanal layanan baru dari BPJS Kesehatan ini merupakan bentuk komitmen BPJS Kesehatan untuk mendukung pemerintah dalam menjalankan ketentuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di masa pandemi Covid-19.

Baca juga: BPJS Kesehatan Wacanakan Kelas Standar Mulai 2021

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan Elfanetti mengatakan, layanan publik pada masa PSBB merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi BPJS Kesehatan. Untuk menurunkan intensitas peserta datang ke kantor dengan cara menyediakan kanal Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (Pandawa), sebagai upaya partisipasi dan pencegahan penularan virus Covid-19.

“Peserta Program JKN-KIS dapat memanfaatkan kanal Pandawa dengan cara mengirimkan pesan melalui nomor Whatsapp ke nomor yang sudah disediakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan, setelah itu peserta akan dihubungi dan dilayani oleh petugas sesuai dengan kebutuhan pelayanan administrasi BPJS Kesehatan peserta tersebut,” kata Elfanetti.


Adapun format pengiriman pesan melalui Pandawa tersebut dituliskan dengan mencantumkan nama pelapor, nama peserta yang akan dilakukan proses pelayanan administrasi, nomor kartu JKN atau nomor KTP, nomor handphone dan kode klasifikasi layanan.

Bagi peserta JKN-KIS yang ingin mendapatkan pelayanan administrasi melalui Pandawa, peserta bisa mendapatkan pelayanan Pandawa melalui Chat Assistant JKN (Chika), dengan alur sebagai berikut:

1. Peserta dapat mengakses Layanan Chika melalui chatting whatsapp ke nomor 08118750400, Facebook Massenger BPJS Kesehatan, atau melalui Telegram ke https://t.me/BPJSKes_bot.

Baca juga: Syarat Agar Kepesertaan BPJS Kesehatan Bisa Aktif Kembali

2. Setelah Chika merespon, Chika akan menampilkan jenis pelayanan Chika dan Peserta dapat memilih jenis layanan administrasi.

3. Kemudian Chika akan menampilkan Jenis Layanan Pandawa dan peserta dapat memilih 1 jenis layanan.

4. Setelah memilih 1 jenis layanan yang dibutuhkan, selanjutnya peserta  memilih domisili provinsi dan kantor cabang sesuai dengan tempat tinggal peserta.

5. Langkah terakhir, Chika akan memberikan form pelaporan yang wajib diisi oleh peserta dan mengirimkan form pelaporan ke nomor Whatsapp Kantor Cabang sesuai dengan wilayah daerah peserta tinggal (nomor Whatsapp sesuai dengan informasi yang diberikan Chika).

Peserta akan dihubungi oleh Petugas Admin Pandawa Kantor Cabang untuk membantu proses administrasi sesuai kebutuhan peserta. Informasi lebih lanjut hubungi Care Center BPJS Kesehatan 1500 400.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Oct. 27, 2020, 9:55 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.