5 Cara Memulai Investasi Jangka Panjang

5 Cara Memulai Investasi Jangka Panjang

Investasi merupakan cara tepat untuk melipatgandakan aset yang dimiliki. Selain itu, investasi juga bisa dijadikan saran untuk mencapai kehidupan yang lebih baik di masa depan. Ada banyak pilihan investasi yang bisa diambil sesuai tujuannya, yaitu investasi jangka panjang, jangka menengah, atau jangka pendek. Namun secara umum, orang-orang mengambil investasi untuk kebutuhan jangka panjang.

Investasi jangka panjang adalah cara menanam aset dalam jangka waktu yang cukup lama. Biasanya investasi jangka panjang ini di atas satu tahun. Beberapa contoh investasi jangka panjang terbaik adalah emas, reksa dana, properti, saham, dan obligasi.

Tujuan dari investasi jangka panjang, di antaranya memeroleh penghasilan pasif dalam kurun waktu tertentu dalam bentuk dividen, bunga sewa, atau bunga. Bisa juga untuk tujuan yang lebih besar seperti dana pensiun, kesehatan, atau dana pendidikan anak.

Baca juga: Mau Berinvestasi? Ini Lima Pilihan Investasi Jangka Panjang untuk Masa Depan

Nah, bagi Anda yang ingin melakukan investasi jangka panjang, ada beberapa hal yang perlu dicermati. Mari simak apa saja pedoman investasi jangka panjang berikut ini.

Kebutuhan dan Tujuan

Investasi jangka panjang ini harus ditujukan untuk keperluan keuangan jangka panjang. Contohnya, biaya menikah, dana pendidikan anak, atau persiapan masa pensiun.


Pilih Investasi Sesuai dengan Gaji

Memilih investasi pun harus menyesuaikan dengan pendapatan atau gaji bulanan. Biasanya, perencana keuangan memberikan saran dana investasi sekitar 10-15 persen dari pendapatan bulanan. Pahami jenis investasinya karena setiap jenis investasi jangka panjang punya keuntungan dan risiko yang berbeda.

Cermati Perkembangan Investasi

Ini bagian yang penting, dimana Anda harus memahami profil investasi jangka panjang. Bagaimana risikonya, keuntungannya, dan perkembangan investasi yang Anda pilih setahun atau dua tahun ke belakang. Langkah ini berguna jika Anda ingin mengambil keputusan investasi yang Anda jalankan dan dalam menyusun strategi investasi jangka panjang.

Baca juga: 5 Investasi yang Cocok untuk Anak Muda

Pahami Risiko

Setiap instrumen investasi pasti punya sisi risiko dan ini bagian yang harus dipahami serta siap dialami. Untuk mengurangi kemungkinan kerugian, Anda harus cermat mempelajari mekanisme jenis investasi jangka panjang yang dipilih serta apa saja keuntungan dan kerugian yang bakal diperoleh.

Siapkan Dana Darurat

Meskipun sudah memiliki investasi jangka panjang, tetaplah menyiapkan dana darurat. Investasi tidak bisa diprediksi kapan kamu akan untung kapan akan merugi dan berapa nominalnya. Dengan adanya dana darurat, jika investasi merugi, Anda tetap masih bisa menjalankan hidup seperti biasa.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Oct. 13, 2020, 7:53 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.