Butuh Uang Mendesak, Jual Emas atau Gadai Emas?

Butuh Uang Mendesak, Jual Emas atau Gadai Emas?

Memiliki investasi emas bisa menjadi penolong di saat mendesak. Emas merupakan salah satu investasi yang sifatnya likuid karena mudah untuk diubah bentuknya menjadi uang. Pilihannya, emas bisa dijual atau digadaikan.

Namun, yang pasti membingungkan adalah di saat ada kebutuhan uang mendesak, apakah emas lebih baik dijual atau digadaikan? Pertanyaan itu menjadi dilema. Jika menjual emas, belum tentu Anda bisa membeli emas lagi. Sementara jika digadai, setiap bulan Anda wajib membayar cicilan untuk menebus emas yang digadaikan.

Ada saran yang bisa Anda pertimbangkan untuk mengambil keputusan jual atau gadai emas. Apabila emas perhiasan yang Anda miliki itu punya nilai sejarah seperti pemberian orangtua tercinta atau hadiah dari orang tersayang, maka pertimbangkan untuk digadaikan saja. Dengan hanya membayar cicilan pokok plus bunganya, beberapa bulan ke depan Anda bisa menebusnya kembali.

Baca juga: Apa Beda Pergadaian, Usaha Gadai, dan Pegadaian?

Bagaimana dengan emas logam mulia atau emas batangan? Sama saja pada prinsipnya. Kalau digadaikan Anda hanya harus bayar bunga gadainya, tidak ada resiko kenaikan harga emas kalau digadai karena saat kita menebusnya, nanti sesuai dengan harga saat menggadaikan. Lebih baiknya lagi Anda masih bisa memiliki emas  tersebut dengan menebusnya kembali.

Namun, jika emas yang dimiliki tidak punya nilai historis apapun, selain pilihan digadaikan, Anda juga bisa langsung menjualnya. Ada untung dan dari rugi dari menjual emas. Keuntungannya, Anda tidak memiiki kewajiban menbayar cicilan seperti gadai. Kerugiannya, Anda belum tentu bisa memiliki kembali emas yang telah dijual.

Baca juga:Apa Saja yang Bisa Digadaikan di Pegadaian?

Jika Anda merasa khawatir karena banyaknya usaha gadai swasta yang ilegal, Anda bisa menggunakan Pegadaian. Perusahaan yang dikelola BUMN ini memberikan fasilitas pinjaman kepada Anda dengan jaminan suatu barang. Saat Anda butuh uang asal memiliki barang yang bisa dijaminkan di sana. Makanya pegadaian merupakan salah satu solusi yang tercepat.

Jenis barang apa saja yang bisa digadaikan di Pegadaian? Prinsipnya, Pegadaian akan menerima barang yang memiliki nilai atau berharga. Barang-barang itu seperti perhiasan, emas, BPKB kendaraan, elektronik (televisi, laptop), dan lainnya. Namun, sebagian besar orang biasanya menggunakan emas sebagai jaminan untuk digadaikan, karena emas nilai gadainya paling tinggi diantara barang-barang lainnya.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Oct. 12, 2020, 8:06 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.