Ada Fitur Face Login di Aplikasi DANA, Apa Fungsinya?

Ada Fitur Face Login di Aplikasi DANA, Apa Fungsinya?

“Aman gak sih pakai aplikasi uang digital?” Itu salah satu pertanyaan yang paling sering terlontar ketika disarankan menggunakan uang elektronik. Wajar pertanyaan itu muncul karena masih banyak orang belum merasa yakin kalau menggunakan uang elektronik itu aman.

Bagi kalangan milenial, penggunaan uang elektronik atau dompet digital sudah banyak dilakukan dalam transaksi sehari-hari. Namun, bagi sebagian orang lainnya yang terbiasanya dengan transaksi tatap muka, penggunaan uang elektronik itu masih meragukan dari sisi keamanannya.

Berbagai fitur keamanan dimunculkan oleh penyedia layanan uang elektronik seperti kode PIN, OTP hingga sidik jari. Terkini yang mulai banyak digunakan adalah deteksi pengenalan wajah. Fitur inilah yang saat ini dikenalkan kembali oleh aplikasi DANA. Penyedia dompet digital ini menghadirkan fitur pengenalan wajah untuk login atau yang populer dengan face login.

Baca juga: Bill Payment dan Kirim Uang Jadi Fitur Terfavorit Dana

Sebenarnya, fitur ini bukan baru di DANA karena fitur Face Login yang tadinya hanya dapat dimanfaatkan oleh pengguna DANA Premium yang telah melakukan verifikasi KYC (Know Your Customer). Kini fitur keamanan yang protektif ini bisa dimanfaatkan oleh semua pengguna DANA tanpa terkecuali, termasuk para pengguna yang belum melakukan KYC.

“Dengan situasi ini, faktor keamanan makin penting dan selaras dengan komitmen DANA yang selalu mengutamakan keamanan serta proteksi data pelanggan maka pemanfaatan fitur keamanan Face Login kini dapat dirasakan oleh semua pengguna tanpa terkecuali,” ujar CEO dan Co-Founder DANA Vince Iswara.


Fitur keamanan Face Login ini diklaim praktis dalam penerapannya dan tingginya tingkat proteksi bagi penggunanya. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu khawatir untuk gagal melakukan login akibat lupa PIN. Terpenting adalah bisa menghindarkan dari kemungkinan pengambilalihan akun DANA akibat informasi tentang PIN pengguna diketahui oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

Teknologi Face Login pada dompet digital DANA memberikan perlindungan keamanan yang makin protektif berkat keunggulan-keunggulan yang dimilikinya. Selain lebih praktis, karena tidak perlu harus selalu mengingat PIN dan lebih mudah penggunaannya, Face Login juga lebih terjamin keamanannya karena didukung dengan teknologi pengenalan wajah yang akurat.

Baca juga: 3 Langkah Aman Transaksi Digital di Masa Pandemi

“Contohnya, meskipun pengguna telah menonaktifkan Face Auth fitur dalam Pengaturan, namun ketika pengguna ingin mengaktifkannya kembali, pengguna tetap akan dikenali dengan menggunakan gambar referensi yang pernah digunakan sebelumnya. Ini untuk memastikan bahwa yang tengah memanfaatkan dompet digital DANA adalah penggunanya yang asli,” ujar Vince.

Cara memanfaatkan fitur Face Login sangat mudah. Pertama, silakan masuk ke menu ‘Saya’ dan tap untuk ‘Pengaturan Profil’, lalu pilih ‘Aktifkan’ di bagian Verifikasi Wajah. Selanjutnya, masukkan PIN DANA dan lakukan proses aktivasi Verifikasi Wajah dengan cara memindai atau scan wajah di depan kamera.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Oct. 12, 2020, 7:50 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.