CIMB Niaga Tawarkan Investasi ORI018 Melalui OCTO Mobile

CIMB Niaga Tawarkan Investasi ORI018 Melalui OCTO Mobile

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kembali menerbitkan Obligasi Negara Ritel seri ORI018. Seperti diketahui, ORI018 adalah instrumen investasi berpendapatan tetap yang diterbitkan oleh Pemerintah Republik Indonesia tanpa warkat (scripless) dan dapat diperdagangkan di pasar sekunder antar investor domestik.

Dana yang terkumpul dari penjualan tersebut akan digunakan untuk membiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Selain dapat membantu negara, investasi ORI018 juga menguntungkan karena menawarkan imbal hasil atau kupon tetap sebesar 5,7 persen per tahun dengan tenor hingga tiga tahun.

Sebagai salah satu mitra distribusi yang ditunjuk oleh pemerintah, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk membeli instrumen investasi ini melalui kanal digitalnya, yaitu aplikasi mobile banking OCTO Mobile. Pembelian pada pasar perdana tersebut dapat dilakukan hingga 21 Oktober 2020.

Baca juga: Resmi Diterbitkan, ORI018 Tawarkan Kupon 5,7 Persen per Tahun

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, keikutsertaan CIMB Niaga dalam memasarkan ORI018 merupakan wujud konsistensi perseroan untuk mendukung upaya pemerintah, khususnya dalam menghimpun dana masyarakat guna membiayai pembangunan.

“Kami terus berinovasi agar dapat melayani masyarakat yang ingin membeli ORI018 dengan mudah, sehat, dan aman. Melalui OCTO Mobile, masyarakat dapat membeli instrumen investasi ini langsung dari ponsel di genggaman tanpa bersentuhan dengan benda lain,” kata Lani.


Investor akan menerima pembayaran kupon pada tanggal 15 setiap bulannya. Adapun kupon pertama akan dibayarkan tanggal 15 Desember 2020. Setelah masa minimum holding period yaitu 1 (satu) kali periode pembayaran kupon berakhir pada 15 Desember 2020, maka investor dapat memperjualbelikan kepemilikan ORI018 di pasar sekunder.

Langkah Mudah Beli ORI018 di OCTO Mobile

Untuk membeli ORI018 melalui OCTO Mobile, nasabah dapat mengikuti langkah mudah berikut. Pertama, memilih menu daftar dan investasi. Kedua, masuk ke menu Obligasi, dilanjutkan dengan registrasi SBN Ritel. Ketiga, setelah registrasi berhasil, nasabah dapat mengisi form pemesanan SBN Ritel dengan memilih ORI018, nominal pembelian, membaca memorandum informasi, serta memberikan persetujuan.

Baca juga: Pecahkan Rekor SBN Ritel Online, Penjualan SR013 Mencapai Rp25,6 Triliun

Keempat, konfirmasi transaksi dengan memasukkan PIN OCTO Mobile. Pemesanan ORI018 pun berhasil dilakukan. Selain di OCTO Mobile, nasabah juga dapat membeli ORI018 melalui situs https://sbn.cimbniaga.co.id. Pembelian ORI018 kemudian dapat dilihat di menu rekening saya setelah terjadi settlement pada 27 Oktober 2020.

Bagi masyarakat yang tertarik untuk merasakan kemudahan investasi melalui OCTO Mobile namun belum memiliki rekening CIMB Niaga, maka bisa membuka rekening untuk pertama kali melalui OCTO Mobile. Seluruh proses verifikasi akan dilakukan pada aplikasi, sehingga tidak perlu datang ke kantor cabang. Setelah berhasil membuka rekening dan terdaftar di aplikasi OCTO Mobile, maka nasabah dapat berinvestasi dengan mengikuti langkah-langkah di atas.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Oct. 9, 2020, 9:10 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.