Ingin Mengajukan Pinjaman? Cek Riwayat Pinjaman di SLIK Online

Ingin Mengajukan Pinjaman? Cek Riwayat Pinjaman di SLIK Online

Pernah mendengan istilah BI Checking atau Sistem Informasi Debitur (SID)? Bagi yang sudah pernah familiar dengan istilah ini, tentunya juga sudah tahu kalau kalau per 1 Januari 2018 BI Checking atau SID sudah berganti nama menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan SLIK yang sekarang dikelola oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Nah, seperti apa detail SLIK ini?

Apa itu SLIK?

SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) adalah sistem informasi yang berfungsi sebagai sarana pertukaran informasi kredit antar-lembaga jasa keuangan. Salah satu tujuan SLIK adalah memberikan penyediaan informasi debitur (iDeb) kepada kreditur. Dahulu, informasi debitur dikelola oleh Bank Indonesia dengan nama Sistem Informasi Debitur (SID) atai dikenal dengan BI Checking.

Sejak 1 Januari 2018, SID sudah tidak beroperasi dan resmi digantikan oleh SLIK yang dikelola oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). SLIK memiliki cakupan akses yang lebih luas karena tidak hanya berisi informasi debitur perbankan saja, namun juga lembaga pembiayaan dan lembaga jasa keuangan lainnya yang memberikan fasilitas penyediaan dana serta lembaga lain bukan lembaga jasa keuangan.

Baca juga: Satgas Waspada Investasi Menemukan 50 Entitas Gadai Ilegal

Manfaat SLIK

SLIK punya dua manfaat, yakni untuk debitur dan kreditur. Manfaat untu kreditur antara lain mempercepat proses analisis dan pengambilan keputusan pemberian kredit, menurunkan risiko kredit bermasalah, mengurangi biaya operasional, dan mendorong transparansi pengelolaan kredit.

Sedangkan manfaat SLIK untuk calon debitur adalah mempercepat waktu persetujuan kredit, memudahkan perolehan keseluruhan informasi data kredit, memperoleh cakupan informasi yang detail, dan membangun reputasi kredit sehingga dapat mengurangi ketergantungan pada penyediaan agunan tambahan.


Cara Memperoleh iDeb Melalui SLIK Online

Untuk meminimalkan penyebaran Covid-19, mulai tanggal 18 Maret 2020, pengajuan SLIK dilakukan secara online. Layanan SLIK online pun tidak dapat dikuasakan. Berikut tahapan pengajuan SLIK online:

1. Pemohon informasi mengisi formulir antrian secara online di laman https://konsumen.ojk.go.id/Minisite DPLK/Registrasi.

2. Pemohon mengajukan informasi mendapatkan email sebagai bukti registrasi antrian SLIK online.

3. OJK melakukan verifikasi data pemohon informasi paling lambat H-2 dari tanggal antrian. Apabila data valid, maka pemohon informasi akan mendapatkan email berisi formulir dan nomor WhatsApp untuk verifikasi.

Baca juga: Tarif Bea Meterai Naik Menjadi Rp10.000 Mulai 2021

4. Pemohon informasi mengirimkan formulir yang telah ditandatangani dan foto selfie dengan KTP ke nomor WhatsApp.

5. Apabila lolos verifikasi WhatsApp, maka iDeb SLIK akan disampaikan melalui email sesuai dengan tanggal yang telah dipilih pada saat registrasi.

Nah, yang harus diingat bahwa untuk mendapatkan layanan informasi debitur (iDeb) SLIK ini tidak dipungut bayaran atau gratis. OJK meminta berhati-hati dan waspada terhadap oknum yang meminta atau melakukan pemungutan dana.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Oct. 6, 2020, 10:30 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.