3 Langkah Aman Transaksi Digital di Masa Pandemi

3 Langkah Aman Transaksi Digital di Masa Pandemi

Masa pandemi dengan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diperketat di DKI Jakarta akan membuat pola transaksi keuangan masyarakat berubah. Transaksi digital untuk gerakan aktivitas keuangan yang akan banyak dilakukan. Meski begitu, Anda tetap harus waspada akan modus-modus penipuan yang bisa saja terjadi lewat transaksi digital.

Agar transaksi digital Anda menjadi lebih aman, ada tiga hal penting yang harus diperhatikan dalam melakukan transaksi. Berikut ini hal yang harus diperhatikan:

Baca juga: Hati-hati Penipuan Lelang Online Makin Marak di Medsos

1. Hindari Menggunakan Wifi Publik

Anda harus berhati-hati melakukan transaksi keuangan dengan menggunakan fasilitas wifi publik. Menggunakan wifi publik memiliki risiko tinggi untuk terjadinya pencurian data pribadi. Jika Anda ingin melakukan transaksi keuangan sangat disarankan menggunakan jaringan internet pribadi yang lebih aman.

Jangan lupa untuk selalu memantau notifikasi dari setiap transaksi yang tidak Anda ketahui. Segera menghubungi pihak bank yang bersangkutan apabila terjadi transaksi yang Anda tidak ketahui. Semakin cepat Anda melaporkan maka akan semakin baik penanganannya.


2. Belanja Online di Situs Terpercaya

Jika Anda hobi dengan belanja online, pastikan hanya berbelanja di situs online yang terpercaya. Situs yang aman biasanya dengan ikon”gembok” di pojok kiri atas alamat situs, atau alamat situs yang dimulai dengan https://.

Selain itu, situs belanja online yang terpercaya biasanya memiliki layanan garansi dan akan bertanggung jawab jika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Hindari bertransaksi digital yang meminta pembayaran langsung ke rekening pribadi penjual untuk menghindari penipuan.

Baca juga: Kenapa Kode OTP Harus Dirahasiakan

3. Rutin Mengganti Password

Secara berkala mengganti PIN atau password Anda dengan angka, tanda baca, dan huruf. Usahakan bedakan PIN atau password untuk rekening atau akun yang berbeda. Selain itu, jangan pernah memberitahukan kode one time password (OTP) kepada orang lain yang tidak dikenal. Hindari mengirimkan data pribadi melalui percakapan digital atau media sosial.

Bagaimana sudah paham bukan? Mulai dari saat ini tetaplah berhati-hati untuk melakukan transaksi secara digital. Tetaplah waspada karena modus penipuan secara digital punya banyak cara untuk memperdaya korbannya.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Sept. 22, 2020, 8:48 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.