Mengelola Kesehatan Keuangan dengan Personal Financial Management

Mengelola Kesehatan Keuangan dengan Personal Financial Management

Di tengah masa pandemi seperti sekarang ini, memiliki kemampuan mengelola keuangan yang baik menjadi tuntutan utama. Setiap orang, terutama ibu rumah tangga harus pintar-pintar mengatur keuangan agar tidak mengalami besar pengeluaran tapi sedikit pemasukan.

Saat ini banyak sekali teknologi yang bisa mempermudah setiap orang untuk mengelola keuangan. Dengan kemajuan teknologi, sejatinya setiap orang bisa mengatur keuangan dengan mudah karena adanya dukungan dari berbagai layanan berbasis digital.

Salah satunya adalah OCTO Clicks, internet banking dari CIMB Niaga yang dirancang untuk melayani nasabah dengan kebutuhan transaksi keuangan yang lebih kompleks. Melalui fungsi personal financial management (PFM), OCTO Clicks bisa membantu menjaga kesehatan keuangan dengan memanfaatkan tiga fitur utama, yaitu My Assets, My Cashflow, dan My Goals.

Baca juga: OCTO Clicks CIMB Niaga Permudah Transfer Dana ke 100 Rekening

Ketiga fitur tersebut memberikan gambaran yang lengkap mengenai kondisi keuangan nasabah. Dengan informasi yang akurat berdasarkan history keuangan yang tercatat di CIMB Niaga dalam enam bulan terakhir, nasabah dapat menggunakannya sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan finansial yang tepat.

“Fitur My Assets menyajikan data ringkasan portfolio aset yang dimiliki nasabah di CIMB Niaga seperti Rekening Tabungan/Koran, Deposito Berjangka, dan Investasi. Dari informasi tersebut, nasabah dapat menganalisa perkembangan jumlah aset dalam enam bulan terakhir,” kata ,” kata Head of Digital Banking, Branchless and Partnership CIMB Niaga Bambang Karsono Adi.


Adapun melalui fitur My Cashflow, nasabah dimudahkan dalam memonitor pemasukan dan pengeluaran. Selain itu, fitur ini juga dapat melacak seluruh rincian transaksi pengeluaran mulai dari transfer, pembelian isi ulang dan pembayaran tagihan, penarikan tunai, dan transaksi lainnya. Dengan rincian transaksi yang lengkap, nasabah bisa mengevaluasi pos-pos pengeluaran tersebut.

“Melalui fitur ini, nasabah juga bisa mengatur jumlah anggaran bulanan melalui menu ‘Buat Anggaran’. Setelah ditetapkan, perbandingan antara anggaran dan total pengeluaran akan terlihat di dashboard. Harapannya, pengeluaran bulanan menjadi bisa lebih terkontrol,” ujar Bambang.

Baca juga: CIMB Niaga Dorong Masyarakat Bertransaksi Sehat dan Aman

Setelah mengetahui posisi keuangan, baik aset, pemasukan, maupun pengeluaran, nasabah bisa membuat rencana untuk mencapai target finansial melalui fitur My Goals. Untuk membuat target keuangan, nasabah dapat mengakses menu My Goals, lalu memilih rekening yang akan digunakan untuk mencapainya.

Apabila rekening tabungan yang menjadi pilihan sudah dibuat, nasabah bisa mengisi jumlah dana yang diperlukan untuk mencapai target tersebut dan menetapkan waktu pencapaiannya. Selanjutnya agar target tersebut dapat diraih sesuai jadwal, maka nasabah dapat mulai menabung secara rutin.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Sept. 19, 2020, 10:40 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.