Dua Kendala ini Sering Dirasakan Pelaku Usaha, Apa itu?

Dua Kendala ini Sering Dirasakan Pelaku Usaha, Apa itu?

Selama masa pandemi Covid-19, banyak orang memutar otak untuk memiliki penghasilan tambahan. Namun mengelola bisnis memang bukan perkara yang mudah. Mengatur keuangan usaha dan pencatatan transaksi usaha kadang membutuhkan waktu karena sering dilakukan secara manual.

Ada dua kendala yang sering dihadapi oleh para pelaku bisnis, yaitu dari sisi operasional dan finansial. Di sisi operasional, kendala yang sering dirasakan antara lain manajemen penghasilan bisnis, insight dan laporan bisnis, akses ke rantai pasokan, catatan transaksi, partnership e-wallet,  dapat diakses secara online dan offline, permintaan EDC Otomatis, dan logistic partnership.

Baca juga: Hingga Semester I 2020, Total DPK Jenius Mencapai Rp10 Triliun

Sedangkan dari sisi finansial, kendala itu seperti tabungan personal dan bisnis tercampur, tidak mudah mengatur cash flow, tidak bisa mengalokasikan dana karena ketidakpastian data, dan riwayat transaksi yang tidak jelas dan tidak detail.

“Sehingga para pelaku bisnis membutuhkan transaksi finansial yang lebih mudah, operasional bisnis yang lebih simpel, meningkatkan potensi bisnis, dan membantu menggali peluang bisnis,” kata Digital Banking Business Product Head Bank BTPN Waasi B. Sumintardja dalam Press Conference Virtual Jenius untuk Bisnis (16/9/2020).


Banyak orang punya keinginan untuk memiliki bisnis sendiri, terutama di masa pandemi ini. Waasi memaparkan, sebanyak 26 persen menjadikan bisnis sebagai penghasilan utama dan 74 persen sebagai penghasilan tambahan.

Kemudian, ada 51 persen yang menjalankan bisnis sebelum masuknya pandemi. Sementara 49 persennya memulai dan menjalankan bisnis setelah pandemi. “Cash flow menjadi kendala para pelaku usaha. Ada 37 persen yang sudah bisa memisahkan cash flow dan 63 persen belum bisa memisahkan cash flow,” ungkap Waasi.

Baca juga: Mengenal Jenius Co.Create, Wadah Berbagai Inspirasi Keuangan

Melihat kendala yang dirasakan oleh para pelaku bisnis, Jenius Bank BTPN memperkenalkan Jenius untuk Bisnis dengan dua layanan yaitu Akun Bisnis Jenius dan Bisniskit dari Jenius. Jenius untuk Bisnis akan membantu pelaku usaha dalam mengatur keuangan bisnis dan mengelola bisnis sehingga mereka dapat fokus mengembangkan seluruh potensi bisnis agar tumbuh lebih cepat.

Sejak pertama kali diluncurkan pada Maret 2020, sudah 34 persen pengguna jenis yang menggunakan akun Jenius Bisnis selama masa pandemi. “Selain untuk kebutuhan personal, Jenius juga hadir untuk kebutuhan bisnis untuk kemudahan mengelola kebutuhan pribadi dan bisnis. “Sejak pertama kali diluncurkan, sudah 34 persen pengguna jenis yang menggunakan akun Jenius Bisnis selama masa pandemi,” tambah Waasi.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Sept. 16, 2020, 12:29 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.