4 Langkah Mudah Berinvestasi Sukuk Ritel SR013

4 Langkah Mudah Berinvestasi Sukuk Ritel SR013

Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menerbitkan instrumen investasi, yakni Sukuk Negara Ritel seri SR013. Melalui investasi Sukuk Ritel SR013, pemerintah menawarkan kesempatan secara langsung kepada Warga Negara Indonesia untuk mendukung pembangunan nasional.

Hasil investasi sukuk ritel akan digunakan untuk membiayai pembangunan infrastruktur yang menjadi investasi untuk merekat jalinan kebangsaan menuju bangsa yang mandiri. Bagaimana caranya untuk bisa membeli Sukuk Negara Ritel seri SR013? Berikut ini, empat langkah mudah untuk bisa berinvestasi Sukuk Ritel SR013.

1. Registrasi

Proses pendaftaran calon investor melalui Sistem Elektronik yang disediakan oleh Mitra Distribusi (Midis). Memasukan data-data antara lain data diri, nomor tunggal identitas pemodal atau single investor identification (SID), nomor rekening dana dan nomor rekening surat berharga.

SID adalah kode tunggal dan khusus yang diterbitkan oleh Kustodian Sentral Efek lndonesia (KSEI) selaku lembaga penyimpanan dan penyelesaian. Calon investor yang belum memiliki nomor SID, rekening dana, dan rekening surat berharga, akan dibantu oleh Midis.

Baca juga: Bagaimana Simulasi Investasi Sukuk Ritel SR013?

2. Pemesanan

Setelah registrasi berhasil, calon investor melakukan pemesanan SR013 dengan sebelumnya membaca ketentuan dalam memorandum informasi. Pemesanan hanya dapat dilakukan pada saat masa penawaran SR013.


3. Pembayaran

Setelah pemesanan diverifikasi (verified order), calon investor mendapatkan kode pembayaran (billing code) melalui email atau SMS sesuai kebijakan masing-masing Mitra Distribusi. Kode pembayaran digunakan untuk penyetoran dana investasi melalui bank persepsi (teller, ATM, internet banking, mobile banking) dalam batas waktu yang ditentukan.

4. Konfirmasi

Setelah pembayaran, calon investor akan memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order serta akan memperoleh alokasi SR013 pada tanggal setelmen atau penerbitan.

Baca juga: BNI Syariah Targetkan Penjualan Sukuk Ritel SR013 Sebesar Rp75 miliar

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menawarkan Sukuk Negara Ritel seri SR013 mulai 28 Agustus 2020 hingga 23 September 2020. Kupon yang ditawarkan adalah 6,05 persen per tahun dengan pajak 15 persen. SR bersifat bisa diperjualbelikan dengan tenor tiga tahun. Minimal pembelian adalah Rp1 juta dan maksimal Rp3 miliar.

Sukuk Ritel dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur maysir (judi), gharar (ketidakjelasan) dan riba (usury), serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Penerbitan Sukuk Ritel menggunakan struktur akad Ijarah Asset to be Leased. Dana hasil penerbitan akan digunakan untuk kegiatan investasi berupa pembelian hak manfaat barang milik negara untuk disewakan kepada Pemerintah serta pengadaan proyek untuk disewakan kepada Pemerintah. Imbalan berasal dari keuntungan hasil kegiatan investasi tersebut.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Aug. 31, 2020, 11:13 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.