Pandemi Belum Berakhir, Bisnis Asuransi Mobil Mulai Pulih

Pandemi Belum Berakhir, Bisnis Asuransi Mobil Mulai Pulih

Pandemi Covid-19 belum bisa dipastikan kapan akan berakhir. Dampaknya semakin meluas, merusak sendi-sendi perokonomian dari berbagai sektor. Namun, sejak diterapkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di beberapa wilayah, beberapa sektor ekonomi mulai menunjukkan pergerakan yang positif.

Salah satunya adalah bisnis asuransi mobil. Dampak dari Pandemi Covid-19 pada sektor otomotif lambat laun mulai berkurang. Hal ini terlihat dari penjualan mobil mulai Juli atau awal semester kedua 2020 mengalami peningkatan 100,3 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), peningkatan tajam itu dari 12.623 unit pada Juni, menjadi 25.283 pada Juli 2020.

Direktur PT. Asuransi Adira Dinamika Tbk mengaku optimis bisnis asuransi mobil akan mengalami pertumbuhan di semester kedua tahun ini. Tidak hanya itu, pandemi ini juga mengubah kebiasaan banyak orang. Contohnya, dengan himbauan jaga jarak fisik (physical distancing), banyak masyarakat kini memilih untuk berkendara pribadi.

Baca juga: Targetkan Milenial, Adira Insurance Fokus Bertransformasi Digital

“Selain itu, masyarakat juga semakin menyadari pentingnya proteksi, menurut riset dari Universitas Temple di Amerika Serikat, sekitar 58 persen warga AS berpikir bahwa asuransi jadi penting di era pandemi ini. Hal ini membuat kami semakin optimis akan pertumbuhan bisnis asuransi mobil,” katanya.

Di masa pandemi ini, Adira Insurance terus berinovasi memperbaiki bisnis asuransi mobil yang terimbas pandemi Covid-19. Digitalisasi adalah cara terbaik untuk tetap berkembang saat ini. Salah satunya bekerja sama dengan Traveloka Protect untuk memberikan perlindungan untuk mobil. Tidak hanya itu, pelaporan klaim asuransi mobil pun juga bisa dilakukan dari rumah dengan aplikasi Autocillin Mobile Claim.


Donni juga mengingatkan saat menggunakan mobil pribadi di masa pandemi ini untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Protokol kesehatan yang wajib dilakukan sebelum menggunakan mobil, yaitu membuka kaca mobil di pagi hari agar terjadi pertukaran udaradan pastikan kabin mobil dalam keadaan bersih.

Kemudian rutin membersihkan bagian dalam dan luar mobil, terutama bagian yang sering disentuh dan juga barang-barang yang akan dibawa ke dalam mobil. Selain itu, siapkan masker di laci dasbor dan hand sanitizer di panel pintu sebelum berkendara.

Baca juga: Asuransi Adira Kembangkan Layanan dan Cara Kerja Serba Digital

Saat menggunakan mobil, pemilik mobil harus tetap memperhatikan jumlah penumpang dalam mobil. “Jangan terlalu penuh dan tetap terapkan physical distancing walaupun sesama anggota keluarga. Pastikan seluruh penumpang mobil selalu menggunakan masker,” ujar Donni.

Selesai berkendara, seluruh penumpang agar bergegas untuk mengganti seluruh pakaian setelah beraktivitas dan mandi. Setelah itu, lakukan penyemprotan cairan disinfektan ke benda-benda yang telah digunakan.

“Keamanan dan kenyamanan Pelanggan adalah hal utama bagi kami. Kami terus mengingatkan Pelanggan agar tetap menjaga kesehatan dan jangan lengah untuk menerapkan protokol kesehatan selama masa pandemi ini,” tutup Donni.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Aug. 25, 2020, 10:28 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.