Alasan Pentingnya Asuransi Kesehatan di Usia Produktif

Alasan Pentingnya Asuransi Kesehatan di Usia Produktif

Usia produktif adalah saat yang tepat untuk bekerja sekeras mungkin. Namun tidak boleh dilupakan, uang yang didapatkan tidak boleh serta merta dihabiskan pada saat itu juga. Sisihkan sebagian uang Anda untuk berinvestasi dan asuransi kesehatan.

Banyak orang yang terlalu memforsir dirinya di usia produktif, sehingga saat menjelang usia tua terserang banyak penyakit. Mereka lupa tidak menyiapkan dana khusus kesehatan. Ketika sakit, biaya perawatan pun dikeluarkan dari tabungan.

Baca juga: Mana yang Didahulukan, Asuransi Kesehatan atau Asuransi Jiwa?

Untuk menghindari hal ini, ada baiknya Anda memiliki asuransi kesehatan. Berikut alasan kenapa Anda harus memiliki asuransi di usia produktif:

1. Membuat Diri Lebih Disiplin

Banyaknya penghasilan yang diterima setiap bulannya di usia produktif cenderung membuat Anda menjadi boros dan konsumtif. Untuk menghindari hal tersebut, mulailah berinvestasi sejak usia dini. Selain itu, sisihkan pendapatan untuk membeli premi asuransi.

2. Proteksi Diri Sendiri dan Keluarga

Salah satu cara untuk tetap menjaga diri sendiri dan keluarga adalah dengan memiliki asuransi yang menjamin biaya perawatan kesehatan dari mulai rawat inap, penyakit kritis, hingga meninggal dunia.

Baca juga: Masyarakat Butuh Asuransi Kesehatan Menyeluruh dan Terjangkau di Masa Pandemi

3. Terhindar dari Harta Habis

Tentunya Anda tidak ingin hasil jerih payah puluhan tahun habis dalam waktu beberapa bulan saja. Hal ini bisa dihindari jika Anda dan keluarga telah terproteksi oleh asuransi. Perlindungan kesehatan bagi seluruh keluarga tak hanya mampu memberi ketenangan, namun juga dapat meminimalkan risiko keuangan untuk kebutuhan medis.

4. Investasi di Masa Depan

Biasanya, ada paket asuransi yang sudah termasuk dengan investasi berupa reksa dana atau saham. Tidak ada salahnya jika mulai sekarang sisihkan juga uang Anda untuk berinvestasi selain hanya ditabung. Satu hal yang harus jadi catatan Anda, investasi di asuransi akan menjaga nilai uang dari inflasi, tidak seperti menabung.

Baca juga: Nielsen: 23 Persen Masyarakat Indonesia Khawatir Akan Kesehatan

Itulah alasan pentingnya memiliki asuransi kesehatan saat usia masih poduktif. Jangan menunggu masa tua atau ketika sakit datang. Oleh karena itu, carilah produk terbaik untuk menjamin kesehatan dan perlindungan terhadap kondisi penyakit, hingga usia lanjut. Sehingga, selain kesehatan Anda terjaga, Anda pun memiliki dana yang dapat dikembangkan sebagai dana pensiun.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Aug. 24, 2020, 12:05 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.