Akses Pembiayaan Pinjaman Tanpa Jaminan untuk UKM Online

Akses Pembiayaan Pinjaman Tanpa Jaminan untuk UKM Online

Menyembut rangkaian Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), Investree akan menyediakan akses pembiayaan yang lebih cepat dan tanpa jaminan bagi para UKM online. Akses pembiayaan tersebut diberikan untuk mempersiapkan stok barang dengan jumlah yang lebih banyak tepat pada waktunya guna memaksimalkan penjualannya saat Harbolnas berlangsung.

Data menunjukkan, 75 persen rata-rata pendapatan UKM per bulan dapat dicapai hanya dalam satu hari pada periode Harbolnas. Peluang ini sebaiknya tidak dilewatkan dan perlu dimanfaatkan oleh UKM online untuk membangkitkan bisnisnya di tengah pandemi.

Co-Founder & CEO Investree Adrian Gunadi mengatakan, Investree menyadari bahwa permintaan akan meningkat dan dapat menjadi peluang bagi UKM online untuk menambah keuntungan. Melalui produk pinjaman yang dikhususkan bagi para pengusaha online, Investree mencoba membantu mereka melakukan penjualan secara maksimal.

Baca juga: Investree Siapkan Produk Pinjaman di Fase Transisi New Normal

“Kami juga melakukan kolaborasi dengan mitra-mitra penjualan online atau digital terpercaya seperti Bukalapak, Midtrans, dan Mbiz untuk melancarkan proses penyaluran pinjaman ini," ujar Adrian dalam keterangan resmi yang diterima duitologi.com (18/8/2020).

Sementara itu, Head of Investment & Financing Solution Bukalapak Dhinda Arisyiya menyambut baik kerja sama untuk mendorong perkembangan UKM di Indonesia. Jika menilik data Harbolnas tahun lalu, periode Harbolnas dapat meningkatkan meningkatkan nilai transaksi penjualan pada platform e-commerce mereka hingga 60 persen.


“Kolaborasi bersama Investree diharapkan dapat memberikan solusi pembiayaan bagi UKM online dan tentunya kami juga berharap dengan adanya kolaborasi ini dapat membantu perbaikan ekonomi Indonesia,” ujar Dhinda.

Kolaborasi ini memberikan akses pengajuan pinjaman oleh UKM menjadi lebih mudah karena bisa mengajukan langsung dari platform mitra-mitra seperti Midtrans dan Mbiz. Untuk mendukung UKM online, Investree secara khusus menyediakan produk pinjaman Online Seller Financing (OSF). UKM online dapat mengajukan pinjaman tanpa jaminan hingga Rp2 miliar dengan bunga kompetitif mulai dari 0,9 persen per bulan dan tenor pinjaman hingga 24 bulan.

Baca juga: IInvestree Mendorong E-Commerce Melalui Pembiayaan Syariah

Investree turut menyediakan pinjaman kepada mereka melalui produk Working Capital Term Loan (WCTL), produk pinjaman yang memfasilitasi berbagai keunikan model bisnis, di mana pelaku UKM bisa mendapatkan pembiayaan dengan bunga kompetitif sesuai sistem credit scoring modern, skema cicilan fleksibel hingga 24 bulan, dan pre-approved limit hingga Rp2 miliar.

Kedua produk pinjaman tersebut menggunakan skema pengembalian cicilan bulanan sehingga tidak memberatkan para pengusaha online. Selain itu, Investree juga menyediakan pembiayaan dengan skema syariah dalam mendukung pertumbuhan bisnis yang lebih berkah bagi para UKM online.

Ditambah lagi, dengan proses pengajuan pinjaman yang dapat dilakukan secara online, Investree turut mendukung implementasi less contact economy yang memungkinkan UKM online memecahkan masalah permodalan dengan solusi minim kontak atau pertemuan tatap muka.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Aug. 19, 2020, 8:02 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.