Waspada Kejahatan Perbankan Bermodus SIM Swap

Waspada Kejahatan Perbankan Bermodus SIM Swap

Tindak kejahatan perbankan semakin canggih saja. Banyak sekali modus baru bermunculan untuk bisa meretas rekening nasabah bank. Skimming, penipuan lewat kode one time password (OTP) hingga yang terbaru adalah pembobolan rekening dengan memanfaatkan sampah struk ATM.

Sebetulnya masih ada modus lain kejahatan perbankan, yaitu SIM Swap. SIM Swap merupakan modus kejahatan yang digunakan peretas untuk mengambil alih akun perbankan korban dengan menggunakan nomor kartu SIM. Jika ada pergantian SIM card tanpa sepengetahuan Anda, waspada kemungkinan besar Anda terkena SIM Swap.

Baca juga: Ini Modus Pembobolan Rekening Lewat Kode OTP

“Kejahatan SIM Swap adalah pengambilalihan SIM card korban oleh pelaku kejahatan, sehingga yang kemudian aktif dan berlaku adalah SIM card baru pelaku, bukan lagi SIM card lama korban, biasanya digunakan oleh pelaku sebagai sarana untuk mengeksploitasi saldo bank korban,” tulis akun Twitter @ojkindonesia.

Dalam akun tersebut, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyarankan, dalam tatanan kebiasaan baru, peningkatan penggunaan layanan telekomunikasi perlu diimbangi dengan peningkatan kewaspadaan terhadap kejahatan atau fraud transaksi online (perbankan atau uang elektronik), terutama yang memanfaatkan fitur-fitur dalam bertelekomunikasi.


Lalu bagaimana mencegah pembobolan rekening bank bermodus SIM Swap? Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) melalui akun Twitter @lps_idic membagikan tips agar terhindar dari aksi kejahatan perbankan bermodus SIM Swap ini.

1. Jangan memberikan kode one time password (OTP), user name, dan password kepada siapapun.

2. Jangan mempublikasikan informasi pribadi di media sosial.

3. Mengganti password secara berkala.

4. Menghindari menjawab telepon dari nomor yang tidak dikenal yang meminta untuk memberikan informasi pribadi.

Baca juga: 11 Tips Menghindari Kejahatan Digital Banking

5. Mengaktifkan notifikasi perbankan melalui email atau SMS.

6. Menghubungi call center bank dan operator seluler bila terjadi hal yang mencurigakan.

7. Jika Anda terkena SIM Swap, segera minta operator seluler untuk memblokir SIM card yang ada di tangan peretas dan ikuti prosedur penyelesaiannya.

Kejahatan modus penipuan dalam bidang perbankan memang sedang marak dan terjadi tanpa disadari oleh nasabah, termasuk Sim Swap. Untuk itu, perlu lebih waspada agar terhindar dari hal-hal tersebut. Selebihnya selalu menjaga kerahasiaan data pribadi Anda.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Aug. 13, 2020, 10:05 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.