Doni Primanto Joewono Dilantik Sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia

Doni Primanto Joewono Dilantik Sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia

Pada 13 Juni 2020, Doni Primanto Joewono terpilih secara aklamasi sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia yang baru periode 2020-2025. Doni adalah salah satu dari tiga calon yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo. Komisi XI DPR RI menyetujui menunjukkan Doni sebagai Deputi Gubernur BI yang baru menggantikan Erwin Rijanto yang telah habis masa jabatannya pada 17 Juni 2020.

Kini, Direktur Eksekutif-Kepala Perwakilan Kpw Provinsi Jawa Barat ini akhirnya secara sah dilantik menjadi Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) setelah mengucapkan sumpah jabatan dihadapan Ketua Mahkamah Agung Muhammad Syarifuddin pada 11 Agustus 2020 pukul 10.00 WIB di Aula Gedung Mahkamah Agung, Jakarta

Baca juga: Profil Singkat Doni Primanto Joewono, Deputi Gubernur BI yang Baru

“Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya untuk menjadi Deputi Gubernur Bank Indonesia, langsung atau tidak langsung, dengan nama dan dalih apapun, tidak memberikan atau menjanjikan untuk memberi apapun kepada siapapun juga. Saya bersumpah, bahwa saya dalam melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatan ini, tidak akan menerima langsung atau tidak langsung, dari siapapun juga dalam bentuk apapun," ucapnya dalam pelantikan yang disiarkan secara virtual oleh Bank Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Doni Primanto Joewono menyampaikan siap mendukung dan bekerja sama dengan Gubernur BI beserta Anggota Dewan Gubernur lainnya untuk bersinergi dengan Pemerintah dan otoritas terkait dalam upaya pemulihan ekonomi Indonesia di masa pandemi Covid-19 ini.

Baca juga: Apa Dampak Resesi Ekonomi Bagi Masyarakat Indonesia

Doni Primanto Joewono ditetapkan sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78/P/2020 tanggal 30 Juli 2020. Masa jabatan ini berlaku selama lima tahun. Dengan demikian, susunan Dewan Gubernur Bank Indonesia menjadi sebagai berikut:

Gubernur
Perry Warjiyo

Deputi Gubernur Senior
Destry Damayanti

Deputi Gubernur
Sugeng
Rosmaya Hadi
Dody Budi Waluyo
Doni Primanto Joewono


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Aug. 13, 2020, 10:19 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.