Sejarah Lahirnya Hari UMKM Nasional

Sejarah Lahirnya Hari UMKM Nasional

Mungkin tidak banyak masyarakat yang tahu kalau setiap tanggal 12 Agustus diperingati sebagai Hari UMKM Nasional. Bahkan bisa saja pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pun tidak menyadarinya kalau ternyata UMKM juga punya hari raya besar.

Lahirnya Hari UMKM Nasional ini punya cerita yang cukup panjang. Sejarah Hari UMKM Nasional ini bermulai dari adanya Kongres Nasional UMKM Temu Nasional Pendamping ke-2 (TNP 2) pada 25-26 Mei 2016 yang dihadiri oleh ratusan pendamping koperasi dan UMKM dari seluruh Indonesia.

Baca juga: Solusi Inklusif bagi UMKM untuk Go-Digital

Sesuai dengan hasil Kongres Nasional UMKM di Yogyakarta itu menghasilkan kesepakatan dan mendeklarasikan Hari UMKM Nasional yang jatuh pada 12 Agustus bertepatan dengan tanggal lahir Bapak Koperasi, Bung Hatta yang lahir pada 12 Agustus 1902. Pendeklarasian Hari UMKM Nasional itu ditandai dengan adanya penandatanganan kesepakatan dari 15 orang deklarator.

Setelah disepakati, maka tepat pada 12 Agustus 2016 diperingati sebagai Hari UMKM Nasional pertama dengan menggelar deklarasi yang dibacakan di halaman Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Daerah Istimewa Yogyakarta.

Isi Deklarasi Hari UMKM Nasional

“Bahwa Bangsa Indonesia, perlu mewujudkan kedaulatan ekonomi kerakyatan. Dimana rakyat menunjukkan kemandirian bangsa dengan mengelola sumber daya ekonomi melalui koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah.

Bahwa bapak bangsa, Moh. Hatta dilahirkan pada 12 Agustus 1902 sebagai pejuang, negarawan, ekonom, dan juga Wakil Presiden Republik Indonesia pertama peletak dasar ekonomi kerakyatan.

Dengan memohon rahmat Allah SWT, Tuhan YME, serta didorong oleh cita cita kedaulatan bangsa, melalui kemandirian ekonomi kerakyatan.

Kami, pelaku dan pendamping UMKM Indonesia, mendeklarasikan Hari kelahiran Moh Hatta, 12 Agustus sebagai Hari UMKM.

Hari UMKM adalah Hari kerja, hari dimana kita meneguhkan semangat kerja, kewirausahaan, semangat kerja membangun kedaulatan bangsa indonesia, melalui ekonomi kerakyatan.

UKM kuat, bangsa berdaulat.”

Baca juga: OJK Optimalkan Kebijakan Pemulihan Ekonomi Nasional


Hari UMKM Internasional

Di dunia, UMKM juga punya tanggal khusus untuk diperingati setiap 27 Juni. Menariknya, Indonesia menjadi satu dari tujuh negara inisiator Hari UMKM Internasional. Ketujuh negara itu adalah Indonesia, Amerika Serikat, Australia, Korea, Kuwait, Mesir, dan Argentina.

Pada saat itu Indonesia di wakilkan oleh A.A.G.N. Puspayoga selaku Menteri Koperasi dan UKM Indonesia melakukan Round-Table Meeting di Markas PBB, New York, Amerika serikat pada 16 Juni 2016.

Baca juga: Himbara Luncurkan Pinjaman Digital Lewat Platform Ekosistem Digital

Indonesia untuk pertama kalinya menggelar acara puncak peringatan Hari UMKM Internasional pada 27 Juni 2018. Hari UMKM Internasional merupakan salah satu perjuangan ICSB sebagai organisasi dunia yang fokus kepada UKM sejak 63 tahun yang lalu diawali di George Washington University.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Aug. 12, 2020, 4:24 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.