Intip Sukuk Ritel SR013 yang Akan Diterbitkan Akhir Agustus ini

Intip Sukuk Ritel SR013 yang Akan Diterbitkan Akhir Agustus ini

Jika tidak ada aral melintang, pemerintah berencana akan menerbitkan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dalam bentuk sukuk ritel. Melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu), pemerintah akan menawarkan sukuk ritel seri SR013 yang akan mulai ditawarkan pada akhir Agustus 2020.

Memang belum diketahui tanggal berapa tepatnya seri SR013 ini akan diluncurkan. “Masa penawaran SR013 ini rencanakan pada akhir Agustus hingga akhir September 2020,” kata Direktur Pembiayaan Syariah Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko (DJPPR) Kemenkeu Dwi Irianti Hadiningdyah.

Baca juga: Resolusi Keuangan 2020, Waktunya untuk Upgrade Investasi

Penerbitan sukuk ritel seri SR013 di masa pandemi ini mempertimbangkan banyak hal. Salah satunya adalah adanya potensi reinvestment dari Surat Berharga Negara (SBN) ritel yang akan jatuh tempo. Penerbitan sukuk ritel ini juga disesuiakan dengan rencana jadwal strategi pengelolaan utang.

Terlebih ternyata minat investor pada sukuk ritel sangat tinggi. “Di satu sisi basis investor sukuk ritel ini juga lebih luas. Jadi potensi minat dari para investor tetap besar walaupun seri SR013 akan diterbitkan di masa pandemi seperti saat ini,” ucap Dwi.

Baca juga: Kemenkeu Tawarkan Sukuk Ritel Seri SR012 Berkupon 6,30 Persen

Bagaimana dengan nilai kupon untuk sukuk ritel seri SR013? Dwi belum bisa memastikan besaran kupon yang ditawarkan untuk seri sukuk ritel ini. Saat ini, nilai kupon SR013 masih belum ditentukan. Besaran kupon akan ditawarkan pada saat peluncuran dan akan disesuaikan dengan kondisi pasar. “imbalan sukuk ritel seri SR013 mengikuti perkembangan suku bunga dan kondisi pasar keuangan,” ungkap Dwi.

Dwi menyakini, sukuk ritel seri SR013 ini akan mendapat sambutan yang baik dari kalangan masyarakat, meskipun diluncurkan pada masa pandemi Covid-19. Jika berkaca pada penawaran seri sukuk ritel sebelumnya, yakni SR012 pada Februari sampai Maret 2020, besaran kupon yang ditawarkan sebesar 6,3 persen dengan tenor tiga tahun, volume pemesanan pembelian SR012 berhasil mencapai Rp12,14 triliun atau 1,59 kali melebihi total target penjualan sebesar Rp7,66 triliun.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Aug. 12, 2020, 9:14 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.