Solusi Inklusif bagi UMKM untuk Go-Digital

Solusi Inklusif bagi UMKM untuk Go-Digital

Pada 12 Agustus 2020, seluruh pelaku usaha UMKM akan merayakan peringatan Hari Nasional UMKM Indonesia. Saat ini adalah masa yang cukup sulit untuk semua pelaku bisnis, termasuk UMKM. Pandemi Covid-19 menghantam sendi-sendi perekonomian dan membuat daya beli masyarakat menurun.

Beragam kebijakan diluncurkan oleh pemerintah untuk menggairahkan kembali sektor UMKM. Salah satu yang sudah dilakukan dengan memberikan relaksasi dan restrukturisasi kredit bagi UMKM. Namun, kebijakan itu dirasa masih belum mampu mendorong bangkitnya bisnis UMKM.

Peran pihak swasta pun sangat diharapkan untuk bisa membantu mendorong tumbuhnya sektor UMKM ini. Gojek berisiniatif meluncurkan #MelajuBersamaGojek sebagai solusi inklusif dan komprehensif (hulu ke hilir) bagi UMKM untuk go-digital.

Baca juga: Aplikasi Digital Dorong Bisnis UMKM Naik Kelas

Inisiatif ini merupakan upaya dengan melibatkan teknologi dalam ekosistem Gojek untuk membantu UMKM agar lebih mudah menerapkan digitalisasi pada setiap langkah operasional bisnis sehari-hari, mulai dari pemasaran, pemesanan (pemrosesan order), pembayaran, pengiriman, hingga administrasi. Ragam solusi tersebut dapat langsung digunakan oleh semua UMKM, mulai dari yang berskala mikro hingga besar.

“Lewat inisiatif inklusif dari hulu ke hilir pada #MelajuBersamaGojek, harapannya kami bisa mempercepat transformasi UMKM dari bisnis tradisional menjadi usaha digital sehingga UMKM dapat terus berkontribusi positif untuk ekonomi Indonesia,” kata Co-CEO Gojek Andre Soelistyo dalam peluncuran #MelajuBersamaGojek virtual.

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim menjelaskan, saat ini baru 13 persen atau 8 juta pelaku UMKM yang sudah terhubung dengan dunia digital. Dengan bergabung di dalam platform digital, pelaku UMKM diharapkan mampu cepat beradaptasi. Melalui peluncuran #MelajuBersamaGojek, Arif berharap digitalisasi UMKM akan terus mendorong mencapai 10 juta UMKM go digital sampai akhir tahun ini.


Inisiatif #MelajuBersamaGojek ini ditandai dengan diluncurkannya situs web www.melajubersamagojek.com yang dapat diakses oleh seluruh pelaku UMKM Nusantara. Dalam situs web tersebut, para pelaku UMKM bisa mendapatkan solusi ekosistem Gojek yang paling tepat sesuai dengan bisnis mereka dipandu oleh rangkaian angket sederhana.

Baca juga: Bagaimana Platform Digital Mengubah Masa Depan Indonesia

Berbagai ragam solusi inklusif dari hulu ke hilir yang dihadirkan ekosistem Gojek untuk para pelaku UMKM termasuk:

• Selly: aplikasi keyboard dan dashboard yang memudahkan UMKM melayani pelanggan.

• MidTrans Payment Link: solusi pembayaran paling lengkap untuk usaha online.

• GoBiz: aplikasi lengkap untuk manajemen usaha pelaku UMKM (pesan-antar, pengaturan promosi, pembayaran).

• Moka: aplikasi kasir online dan alat pembayaran non-tunai.

• GoSend dan GoBox: layanan logistik dan pengiriman cepat, di dalam dan antar-kota.

• GoPay: e-wallet dan e-money di Indonesia.

• GoFood: aplikasi pesan antar makanan terbesar di Asia Tenggara

• GoShop: layanan belanja online dengan mudah

Selain solusi teknologi, dukungan Gojek kepada UMKM turut diberikan melalui sederet program pelatihan dan peningkatan kapasitas seperti Gojek Wirausaha, Go-Nusantara, Komunitas Laris Manis GoSend, dan Komunitas Partner GoFood (KompaG).


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Aug. 11, 2020, 8:29 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.