4 Rasa Takut yang Harus Dihilangkan dalam Finansial

4 Rasa Takut yang Harus Dihilangkan dalam Finansial

Pernahkah Anda merasa khawatir jika suatu saat Anda akan jatuh dan tidak memiliki apa-apa? Karena bagi Anda yang bukan seorang taipan, kehilangan uang ratusan juta seakan memutus nadi yang tersembunyi di balik kulit Anda. Keadaan finansial yang sehat ternyata memang sangat penting. Apa lagi jika menghitung-hitung berapa lama lagi Anda akan pensiun.

Belum lagi kalau sudah berkeluarga. Tanggungan Anda bukan hanya diri Anda saja, tapi juga istri atau suami, anak-anak bahkan orang tua serta mertua. Meskipun perlu ada rasa khawatir agar Anda terpacu untuk mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi, tetap saja rasa takut akan menahan Anda untuk bisa sukses. Oleh karena itu, hapus saja empat rasa takut di bawah ini:

Baca juga: Mengapa Penting Punya Pola Keuangan yang Sehat?

1. Kehilangan Pekerjaan

Banyak orang yang khawatir kalau mereka akan kehilangan pekerjaan suatu saat nanti. Padahal, kapan pun Anda diberhentikan kerja, dan karena alasan apa pun, tidak akan menjadi masalah jika Anda punya tabungan yang sudah lama tersimpan.

2. Pendapatan Pasangan Lebih Besar

Sebagian suami atau bisa juga istri, merasa tidak adil ketika pasangannya berpenghasilan lebih besar dari dirinya. Kenapa? Banyak alasannya. Padahal, justru ketakutan ini yang bisa menghancurkan rumah tangga Anda.


3. Membuat Banyak Kesalahan Keuangan

Semua orang pasti pernah salah. Makanya, pelajari apa saja kesalahan Anda. Jangan sampai mengulang kesalahan yang sama berkali-kali.

4. Tanpa Rumah, Anda Tidak Akan Bisa Sukses

Banyak orang yang merasa tidak bisa sukses kalau belum punya rumah. Rumah memang menjadi kebutuhan utama dalam hidup. Tapi, bukan berarti belum punya rumah Anda tidak bisa sukses. Percayalah bahwa Anda tetap berharga dan pantas untuk menjadi orang sukses.

Baca juga: 4 Langkah Menangani Kesalahan Pengelolaan Keuangan

Nah, itu dia keempat rasa takut tentang masalah keuangan yang harus Anda hilangkan. Ketakutan pada masalah finansial tanpa mencari solusi akan membuat kesuksesan Anda terhambat karena rasa takut justru akan menahan Anda untuk menjadi sukses.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Aug. 5, 2020, 9:44 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.