8 Negara yang Mengalami Resesi Ekonomi Akibat Covid-19

8 Negara yang Mengalami Resesi Ekonomi Akibat Covid-19

Sejak kemunculan Covid-19 di akhir tahun lalu, wabah ini sudah diprediksi akan memberikan dampak yang sangat serius bagi negara-negara di dunia. Prediksi itu menjadi nyata. Covid-19 menjadi dinyatakan sebagai pandemi dan menyerang bukan hanya aspek kesehatan. Dampak pandemi Covid-19 sangat serius bagi perekonomian sebuah negara.

Pertumbuhan ekonomi di banyak negara di dunia sejak pandemi ini muncul terus mengalami penurunan. Di kuartal pertama 2020, perekonomian di sejumlah negara menurun drastis. Delapan negara dinyatakan masuk dalam jurang resesi ekonomi setelah pertumbuhan ekonominya di bawah nol persen.

Baca juga: Mengenal Apa itu Resesi Ekonomi?

Data terakhir yang dirangkum duitologi.com, setidaknya ada delapan negara di benua Amerika, Eropa dan Asia masuk dalam resesi ekonomi. Kelima negara itu adalah Singapura, Korea Selatan, Hong Kong, Amerika Serikat, dan Jerman.

1. Singapura


Negara tetangga Indonesia ini dinyatakan mengalami resesi ekonomi setelah pertumbuhan ekonominya pada kuartal II 2020 minus hingga 41,2 persen karena hantaman pandemi Covid-19.

2. Korea Selatan

Setelah Singapura, Korea Selatan juga menyusul masuk dalam resesi ekonomi. Kondisi ini terjadi pada kuartal II 2020 yang ditandai dengan menyusutnya ekonomi Korea Selatan menjadi minus 3,3 persen.

3. Hong Kong