Hikmah Berkurban dalam Pengelolaan Keuangan

Hikmah Berkurban dalam Pengelolaan Keuangan

Dalam hitungan hari, seluruh umat muslim di dunia, termasuk Indonesia akan merayakan hari raya Idul Adha. Pada hari raya ini, umat Islam berkumpul di pagi hari dan melakukan salah Ied bersama-sama di lapangan terbuka atau masjid. Setelah salat, dilakukan penyembelihan hewan kurban untuk mengingat perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya, Ismail.

Berkurban memberikan banyak pelajaran penting dalam kehidupan. Bukan hanya sekadar menunjukkan bentuk ketakwaan kepada Sang Pencipta, berkurban mengajarkan setiap Muslim untuk ikhlas dalam pengorbanan membeli hewan kurban dan membentuk pribadi yang memiliki rasa kepedulian sosial.

Baca juga: Cara Mengelola Keuangan Selama Pandemi Covid-19

Lantas, apa saja makna dan hikmah yang bisa diambil dalam berkurban dalam pengelolaan keuangan? Duitologi.com merangkum pelajaran yang bisa didapat dari berkurban seperti berikut ini:

1. Keuangan Terencana

Berkurban juga punya makna dan pelajaran berharga dalam prinsip pengelolaan keuangan. Membeli hewan kurban tentu membutuhkan biaya berbeda-beda tergantung pada jenis hewan kurban yang ingin dibeli. Namun, pasarannya untuk hewan kurban seperti sapi dan kerbau harganya bisa mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah. Sementara, untuk kambing dan domba harganya masih jutaan rupiah.


Bagi kalangan menengah atas, membeli hewan kurban mungkin bisa dilakukan tanpa banyak pikir dan rencana. Namun bagi masyarakat kalangan bawah, menunaikan niat berkurban tentu butuh perencanaan keuangan. Menabung menjadi salah satu caranya.

Saat ini sudah banyak pihak yang perbankan dan lembaga jasa keuangan yang menawarkan tabungan kurban. Tujuannya tentu untuk memudahkan siapa saja yang ingin menunaikan ibadah kurban saat Idul Adha. Contohnya adalah Tabungan BTN Qurban iB dari Bank BTN dan Tabungan Qurban 2020 dari Mitra Tani Farm.

2. Menambah Rezeki

Menyisihkan rezeki untuk berkurban tentu akan jauh lebih bermanfaat dan bisa menjadi contoh penting untuk umat Muslim yang lainnya. Terlebih untuk kaum golongan atas (mampu) wajib hukumnya untuk melaksanakan ibadah ini. Namun, apakah Anda tahu manfaat dari Idul Kurban ini? Salah satu manfaat yang akan Anda rasakan kelak adalah lancarnya rezeki yang Anda miliki. Belum percaya? Silahkan langsung dicoba saja.

Baca juga: Lindungi Anak dengan Memberi Jaminan Pendidikan

3. Mengikis Sifat Serakah

Tentunya harta berlimpah adalah anugerah sekaligus sebagai pengingat apakah dengan lebihnya harta akan memikirkan saudara kita yang membutuhkan dengan menyisihkan sebagian harta tersebut. Tidak jarang, dengan amanah harta berlebih masih ada yang tidak memikirkan saudara yang membutuhkan di sekitarnya.

Namun justru dilahap habis harta tersebut dengan sifat serakah dan tamak. Inilah pentingnya dan makna dari Idul Adha, bisa melatih pribadi untuk meminimalisasi keserakahan dan ketamakan dengan menyisihkan sebagian harta untuk berkurban.


4. Meningkatkan Rasa Syukur

Berkurban di Hari raya Idul Adha memiliki makna dalam meningkatkan rasa bersyukur. Setiap orang khususnya Muslim wajib bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT sampai saat ini sehingga masih bisa merasakan langsung perayaan hari raya Idul Adha. Berkurban bisa menjadi ucapan syukur karena masih diberi rezeki berlebih sehingga dapat berkurban dan ikut serta membantu saudara kita yang kurang mampu.

5. Pemupuk Rasa Empati

Selain sebagai bentuk ketakwaan dan keimanan kepada Allah, berkurban bisa menjadi awal melatih diri dan hati untuk menumbuhkan rasa empati terhadap sesama. Apabila Anda termasuk dalam kategori ekonomi mampu, tidak ada salahnya jika Anda ikut berkurban. Dengan berkurban, Anda bisa menyisihkan sebagian harta untuk berbuat kebaikan dan berbagi kepada orang yang membutuhkan.

Baca juga: Di Era New Normal, Tren Pembayaran Digital Meningkat

Bagaimana sekarang Anda sudah tahu apa saja hikmah yang bisa didapat dari berkurban di hari raya Iduh Adha. Apabila tahun ini Anda belum bisa berkurban, jangan berkecil hati. Mulailah dari sekarang menabung untuk membeli hewan kurban di tahun depan.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
July 28, 2020, 1:51 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.