Aman Transaksi Contactless dengan Scan Jenius QR

Aman Transaksi Contactless dengan Scan Jenius QR

Masa pandemi menuntut semua orang mengubah kebiasaan lama. Memakai masker, rajin mencuci tangan atau hand sanitizer, dan menjaga jarak menjadi kebiasaan baru saat ini. Aktivitas lainnya pun dibatasi yang melibatkan sentuhan fisik dan barang-barang yang digunakan oleh umum.

Meskipun sudah ada pelonggaran, namun tetap saja kebiasaan baru itu tetap diterapkan. Tidak terkecuali pada saat mengakses kebutuhan finansial, seperti transaksi pembayaran. Jika dahulu, transaksi pembayaran masih banyak dilakukan secara konvensional, kondisi saat ini setiap saat dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan transaksi contactless.

Hasil survei yang dilakukan Jenius terhadap 179 masyarakat digital savvy Indonesia menunjukkan bahwa 51 persen responden masih menjalankan working from home (WFH) dan 41 persen telah working form office. Hasil survei juga menunjukkan lima aktivitas yang paling sering dilakukan di luar rumah selama masa adaptasi kebiasaan baru.

Baca juga: Pintar Mengatur Cash Flow Pribadi dengan Jenius Moneytory

Lima aktivitas selama masa adaptasi kebiasaan baru itu adalah berbelanja di minimarket (74 persen), berbelanja di pasar tradisional (49 persen), berbelanja di supermarket (46 persen), beribadah di luar rumah (43 persen), dan olahraga luar ruangan (38 persen).

Upaya untuk mengurangi kontak fisik dalam meminimalisir risiko penularan Covid-19 saat melakukan transaksi, Jenius menghadirkan sistem pembayaran terbaru bernama Jenius QR. Sistem baru ini akan membantu pengguna dapat bertransaksi tanpa uang tunai atau kartu debit dan kartu kredit. Dengan Jenius QR pengguna bisa praktis bertransaksi di jaringan QRIS seluruh Indonesia.


Digital Banking Business Product Head Bank BTPN Waasi Sumintardja mengatakan, Jenius QR merupakan metode pembayaran non-tunai untuk transaksi yang lebih simpel, cerdas, dan aman karena transaksi akan langsung terhubung dengan saldo aktif dan tercatat di transaction history.

“Tidak ada biaya tambahan saat bertansaksi menggunakan Jenius QR. Pembayaran dengan Jenius QR secara otomatis akan memotong dana dari saldo aktif dan akan tercatat di transaction history,” kata Waasi dalam konferensi pers virtual peluncuran Jenius QR (27/7/2020).

Baca juga: Survei Visa: Pembayaran Non-Tunai Meningkat di Era New Normal

Jenius QR bisa digunakan untuk berbagai macam transkasi pembayaran, asalkan merchant telah menggunakan Scan Quick Response Indonesian Standard (QRIS). Pengguna dapat bertransaksi menggunakan Jenius QR dengan limit transaksi minimum sebesar Rp1.000 dan maksimum sebesar Rp2.000.000 per transaksi per harinya.

Soal keamanan, Waasi menjelaskan setiap transaksi di Jenius dilindungi dengan keamanan berlapis berupa biometrik sidik jari atau sensor wajah, password, dan PIN ketika login ke aplikasi Jenius. Pengguna Jenius QR harus memasukkan password jika jumlah pembayaran melebihi limit Autentikasi Transaksi.

“Kehadiran Jenius QR ini sebagai upaya mendukung anjuran pemerintah di masa adaptasi kebiasaan baru, di mana setiap orang diminta untuk meminimalisir kontak fisik, termasuk ketika melakukan transaksi pembayaran,” jelas Waasi.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
July 28, 2020, 8:36 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.