Di Era New Normal, Tren Pembayaran Digital Meningkat

Di Era New Normal, Tren Pembayaran Digital Meningkat

Pandemi mendorong banyak orang beralih kebiasaan dari yang bersifat konvensional menjadi serba digital. Selama masa pandemi ini juga, opsi pembayaran digital untuk memenuhi kebutuhan harian menunjukkan adanya peningkatan.

Platform e-commerce Shopee melihat adanya peningkatan jumlah pembayaran digital sejak awal pandemi dengan lebih banyak orang menggunakan pilihan pembayaran seperti kartu kredit, transfer bank, dan ShopeePay dalam transaksi pembayaran mereka.

Baca juga: Virtual Payment, Tren Pembayaran di Era Digital

Mengutip dari laporan yang dirilis oleh Boston Consulting Group yang menyatakan, tren pembayaran digital akan terus berlanjut selama pandemi Covid-19 masih ada. Wabah Covid-19 dan dampaknya yang diperkirakan akan mendorong lebih banyak rumah tangga di Asia Tenggara untuk menerapkan pembayaran digital.

Dalam laporan tersebut dijelaskan, sebanyak 80 persen transaksi pembayaran digital dilakukan oleh pengguna antara usia 18 hingga 34 tahun. Namun, pengguna yang lebih tua juga mulai mengadopsi metode pembayaran digital saat berbelanja online.


Sementara, sebanyak 45 persen jumlah transaksi menggunakan ShopeePay yang digunakan oleh pengguna Shopee di atas usia 50 tahun. Mengingat pengguna yang lebih tua cenderung lebih sulit untuk beradaptasi dengan pembayaran digital, tren ini sekaligus menunjukkan kemudahan yang ditawarkan dalam penggunaan ShopeePay dan kepercayaan yang telah dibangun oleh pengguna.

Menariknya, pembayaran digital oleh kaum pria justru lebih tinggi dibandingkan wanita. Tampaknya pria semakin menghargai kenyamanan dan keamanan dari metode pembayaran digital. Selama setahun terakhir, tercatat pertumbuhan pembayaran digital sebanyak 35 persen lebih tinggi untuk pria dibandingkan wanita.

Baca juga: Apa Saja Perubahan Perilaku di Era New Normal?

Secara penyebaran, pembayaran digital masih didominasi di wilayah perkotaan seperti DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Timur yang memiliki penerapan pembayaran digital tertinggi. Kota-kota besar yang merupakan pendorong utama pertumbuhan ekonomi Indonesia memiliki konektivitas yang lebih baik dan infrastruktur TIK yang lebih maju. Individu di kota-kota ini juga memiliki penetrasi smartphone yang lebih tinggi, yang berkontribusi pada adopsi pembayaran digital.

Untuk itu, Shopee berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya. Melalui fitur layanan uang dan dompet elektronik terintegrasi, ShopeePay, Shopee berusaha memastikan bahwa pengguna dapat berbelanja dan melakukan pembayaran secara efektif. Selain kemudahan penggunaan, ShopeePay menawarkan beberapa manfaat bagi pengguna yang meliputi kenyamanan, efisiensi, keamanan, dan penghematan biaya yang lebih besar.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
July 15, 2020, 9:35 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.